Wednesday, May 20, 2015

Peran Blogger untuk Pengembangan Wisata Indonesia #TBI @IDTravelBlogs

Travel Blogger Indonesia (TBI)Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan keanekaragaman budaya, keindahan alam dan kekhasan kuliner yang dijamin mampu memikat wisatawan baik asing maupun lokal untuk mengunjungi berbagai wilayah di Indonesia. Eksotisme Indonesia yang memikat wisatawan hanya akan menjadi nyata seandainya para traveller memperkenalkannya ke dunia. Media apa yang paling efektif dalam memasarkan Indonesia? Ya, jawabannya adalah Internet. Internet sebagai mata dunia memberikan pengetahuan dengan saling berbagi informasi melalui Search Engine (Google, Yahoo dll) dan Website/Blog serta menjalin dan mendekatkan hubungan sosial seperti social media (Twitter, Facebook dll) dan chat and video conference (hangout, UMeetMe dll)

Pengguna internet dunia selalu meningkat setiap tahunnya. Dan ini adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh para traveler untuk mempopulerkan Indonesia. Sebagai gambaran pengguna internet dunia tahun 2014 bisa dilihat atau klik statistik dibawah ini untuk melihat lebih detail.

internet world stats, internet user, pengguna internet

Internet tool yang saya rasakan paling tepat digunakan untuk memperkenalkan Indonesia adalah Blog. Tool ini mudah dan murah dimana setiap traveller yang hobby menulis bisa mendaftarnya secara gratis melalui Blogspot ataupun Wordpress. Dengan adanya komunitas Travel Bloggers Indonesia dan bergabung di dalamnya diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi bangsa ini untuk mengangkat cerita-cerita perjalanan, budaya, kuliner dan pengalaman unik di dalam negeri yang belum terlihat untuk "dipamerkan dan dijual" ke wisatawan baik asing atau lokal sehingga mengangkat popularitas Indonesia. Dan untuk blog yang berisi cerita-cerita petualangan di mancanegara dapat menjadi sumber pembanding hal-hal yang dapat diadopsi untuk pengembangan wisata di Indonesia.

Secara umum komunitas blogger akan memberikan efek positif bagi wisata di Indonesia dengan semakin banyaknya anggota yang bergabung dan berbagi cerita-cerita unik di dalamnya. Blog komunitas ini seharusnya akan menjadi penyokong media website kementerian pariwisata Indonesia seperti www.visitindonesia.co.in, www.visitindonesia.com dan www.indonesia.travel.

Sekilas cerita, secara tidak sengaja ketika pulang mudik ke Situbondo Jawa Timur dari perjalanan setelah workshop di Semarang Jawa Tengah, saya mampir di beberapa warung makan dengan menu-menu sederhana seperti gambar di bawah ini.

Kuliner, Travel Blogger
Kuliner, Travel Blogger
Kuliner, Travel Blogger

Betapa sederhananya kuliner-kuliner khas Indonesia ini. Tetapi saya yakin kuliner ini mampu memikat para traveller baik asing maupun lokal untuk mencobanya dengan mengunjungi lokasi yang dituliskan blogger di blognya dan tentunya disertai dengan kemasan cerita yang menarik.

"The simple things are also the most extraordinary things and only the wise can see them" (Paulo Coelho, The Alchemist)

Hanya dengan bergabung didalam komunitas blogger, sebuah blog akan lebih terlihat kontribusinya apalagi Traveler Blog yang masih pemula seperti blog saya.

#PariwisataIndonesiaBangkit
#BeSmartAndMoreCreativeUsingBlogForIndonesia
#Cheers 😀

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.