Monday, June 8, 2015

Belanja di BliBli.com, Cicilan 0% hingga 12 bulan


Kalau kita perhatikan dengan lebih detail akhir-akhir ini bisnis online semakin berkembang seiring keinginan manusia yang selalu menginginkan kemudahan. Tentunya hal ini menjadikan peluang bisnis bagi sebagian orang atau perusahaan untuk menyediakan jasa belanja online melalui semacam website. So, pasti sudah pada tahu contoh websitenya kan? Apa lagi klo bukan Amazon, Lazada dan BliBli. Ketiganya sama-sama merupakan website belanja online terlengkap. Tetapi sebelum mereview lebih dalam mengenai produknya sebaiknya saya share sedikit tentang profil ketiga website bisnis online tersebut yang saya dapatkan informasinya dari Wikipedia.

Amazon.com, Inc. adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon adalah pedagang retail online terbesar di dunia. Siapapun pasti mengenal website ini dan Amazon telah menjadi kiblat bisnis online di dunia.

LAZADA adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. Jaringan LAZADA terbatas hanya di Asia Tenggara yang saat ini terdiri dari LAZADA_Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand dan LAZADA Filipina.

Blibli adalah salah satu E-commerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall. Dengan konsep tersebut blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan kapanpun. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital. BliBli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna Blibli. Saat ini Grup Djarum melalui Global Digital Prima Ventures (GDP) misalnya, membentuk inkubator bernama Merah Putih Inc, sebuah inkubator start-up lokal berbasis komunitas dan memberikan bantuan modal bagi start-up lokal yang inovatif. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat, Indonesia.

"Dari ketiga review profil di atas, Blibli yang merupakan bisnis online 100% Indonesia. Jadi jika cinta Indonesia dan ingin mempopulerkan bisnis online asal Indonesia, mungkin Blibli adalah pilihan yang paling tepat."

Setelah cukup mengenal profil dari ketiga provider belanja online tersebut selanjutnya saya coba mengulas sedikit mengenai pricing produknya. Dimulai dari produk yang seringkali dicari-cari orang, apa lagi kalau bukan Smartphone. Saya mengambil contoh 1 smartphone yang saat ini sedang dicari-cari orang yang addicted pada produk dari Apple. Ya... iPhone 6.. Mari kita bandingkan antara Amazon.com, LAZADA dan BliBli.com.


Cicilan 0% hingga 6-12 bulan di BliBli.com
Harga Apple iPhone 6 Space Gray 16 GB dari Amazon.com USD 708.99 (IDR 9.429.567)
dengan rate IDR 13.300/USD dan sudah FREE Shipping

Cicilan 0% hingga 6-12 bulan di BliBli.com
Harga Apple iPhone 6 Space Gray 16 GB dari LAZADA Rp 9.096.00
dan perlu diingat untuk LAZADA terdapat biaya pengiriman + garansi pengirimannya

Cicilan 0% hingga 6-12 bulan di BliBli.com
Harga Apple iPhone 6 Space Gray 16 GB dari BliBli Rp 9.425.000
dan gratis pengiriman

Dari ketiga harga produk yang ditawarkan memiliki konsekuensi masing-masing yang dijaminkan oleh provider belanja online tersebut. Jadi kesimpulannya harga produk tidak ada perbedaan yang sangat signifikan yang lebih menguntungkan kepada pembeli. Dengan kata lain pricing bukanlah merupakan parameter yang tepat dalam membandingkan mana yang lebih baik dari ketiga website belanja online tersebut. Tetapi kalau kita perhatikan dengan seksama pada gambar yang saya sajikan di atas, cukup jelas terlihat keunggulan yang dimunculkan oleh Blibli dibandingkan para rivalnya yaitu Cicilan 0% hingga 6-12 bulan di Blibli. Bagaimana? lebih pro terhadap konsumen bukan? So, bagi yang ingin irit pengeluaran dengan cicilan pastikan pilihan belanja onlinenya adalah BliBli.com. Selamat berbelanja!


2 comments:

Nora Landep said...

wih, moga menang ya mas Irfan, pengin ikutan sih, waktu itu pernah beli smartphone Android via blibli, tapi sayang, lombanya udah lewat.Tabik

Irfan Effendi said...

Thanks ya.. Wah sayang sekali, artikel ulasannya bagus

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.