Thursday, June 25, 2015

Resolusi Lebaran: Menyiapkan Tiket Mudik dan Segala "Perabotan" Lebaran

Resolusi Lebaranku, Belanja Online, Tips Mudik

Di Indonesia yang mayoritas penduduknya 90% beragama Islam, tradisi merayakan Lebaran dengan cara yang sedikit "wah" yang datangnya hanya sekali dalam setahun masih sangat kental. Nggak apa-apa sih selama tidak menyimpang dengan ajaran yang dianut dan yang pasti pemasukan masih lebih besar daripada pengeluaran.. 😊

Nah resolusi lebaran saya sama dengan resolusi kebanyakan orang. Di hari-hari terakhir puasa menjelang lebaran, biasanya urusan sedikit rempong dengan beberapa "perabotan" yang harus dipersiapkan mulai dari urusan beli tiket buat mudik, belanja pakaian dan kue khas lebaran sampai dengan urusan berlibur bersama keluarga to somewhere. Nah, biar nggak ngerasa rempong, langsung saja saya bahas satu per satu tips buat menyiasatinya.


Tiket Mudik
Cari tiket buat mudik adalah problem utama yang biasa dialami oleh para perantau seperti saya. Problem yang dihadapi bisa terbilang cukup klasik, kalau bukan nggak kebagian tiket ya harga tiket yang terlalu mahal.

Tips saya, yang dibutuhkan saat ini adalah bagaimana bisa memonitor ketersediaan dan pergerakan harga tiket secara online. Tool yang dibutuhkan yang penting punya handphone yang bisa buat browsing internet. Langkah selanjutnya pilih website travel yang lengkap menyediakan segala alternatif pilihan tiket penerbangan jadi nggak perlu buka satu per satu website maskapai. Tambahan lagi saat ini seringkali harga tiket dari travel cenderung lebih murah dibandingkan harga yang ditawarkan dari website maskapai secara langsung. Beberapa website travel saat ini sudah memberikan kemudahan dan keamanan dalam transaksi. Dan yang paling saya rekomendasikan adalah Tiket.com. Kenapa Tiket.com? Alasannya ini:
  1. Bisa cek jadwal seluruh penerbangan dari maskapai di Indonesia yang terbilang sangat lengkap.
  2. Harga yang ditampilkan adalah harga yang akan kita bayar. Jadi sudah nggak ada lagi biaya transaksi.
  3. Seringkali ada promo harga seperti DISKON100 yang memberikan potongan harga sebesar 100 ribu jika membeli tiket PP.
  4. Menggunakan sistem point dimana jika kita membeli tiket akan mendapatkan sejumlah poin yang bisa dikonversi ke rupiah untuk digunakan sebagai potongan harga di setiap pembelian dengan Tiket.com berikutnya.
  5. Kemudahan pembayaran secara online mulai dari internet banking, transfer atm sampai dengan credit card.
  6. Yang penting banget menurut saya adalah kemudahan menghubungi customer service-nya kalau ada sedikit problem dengan tiket yang kita beli.
  7. Tiket.com sudah menyediakan juga jadwal dan pemesanan tiket Kereta Api yang bisa jadi alternatif pilihan kalau tiket pesawat sudah habis atau harganya sudah tidak bisa saya "jangkau" lagi.
Nah, buat yang juga pengen siapin tiket penerbangan atau tiket kereta api buat mudik, supaya harga-harga nggak keburu naik yuk segera pesan.




Pakaian Baru
Belanja pakaian selalu menjadi ciri khas di musim lebaran, sepertinya sudah jadi tradisi di Indonesia kalau lebaran harus belanja pakaian baru. Kalau nggak lebaran sepertinya kurang asyik buat beli pakaian.. hehe. "Jika dipikir-pikir benernya orang Indonesia nggak boros dong yah karena beli pakaian hanya sekali dalam setahun pas di musim lebaran."😜

Kalau soal belanja pakaian, saat ini belanja online layaknya di mall pun sudah bisa dilakukan. Bagi saya belanja online merupakan salah satu cara menyiasati waktu di tengah-tengah kesibukan saya menjadi karyawan di salah satu perusahaan BUMN di Jakarta. Tinggal order, bayar online dan barang pun dikirim. Dan salah satu website belanja online yang saya rekomendasikan adalah BliBli.

Baca juga: Belanja di Blibli.com, Cicilan 0% hingga 12 bulan

Blibli menyediakan secara lengkap fashion untuk pria, wanita dan anak-anak dengan model-model yang menarik. Klik gambar di bawah untuk hunting lebih detail produk fashion dari BliBli.

baju pria
Fashion Pria

baju wanita
Fashion Wanita


Kue Lebaran
Tidak semua orang jago bikin kue lebaran dan tidak semua orang punya kesempatan untuk meluangkan waktu membuat kue lebaran, begitu juga istri saya.😉 Bagi saya, daripada repot-repot membuat kue lebaran sendiri, selama ada tempat jual kue lebaran dengan harga terjangkau dan mudah, lebih efisien belanjanya dari tempat itu. Karena kalau kita hitung biaya belanja bahan-bahan, alat-alatnya dan lama waktu yang digunakan akan terasa lebih mahal daripada belanja kue lebaran yang sudah jadi. Belanja kue lebaran saat ini sudah bisa dilakukan secara online seperti melalui website Blibli.


makanan ringan


Berlibur dan Silaturrahmi Bersama Keluarga
Perabotan terakhir saya yang menjadi pelengkap berlebaran adalah rekreasi bersama keluarga sambil mengunjungi sanak famili yang ada di lokasi sekitar tempat rekreasi yang dituju. Kegiatan ini umumnya kami lakukan pada H+1 atau H+2. Kenikmatan berlibur bersama keluarga besar tidak dapat diukur dengan besaran rupiah sekalipun.

Hotel atau penginapan seringkali full booked di musim pasca lebaran. Sebagai solusi untuk mengatur pemesanan hotel pada rencana berlibur bersama keluarga, tips dari saya booking jauh-jauh hari secara online dari Tiket.com yang cukup lengkap menawarkan hotel-hotel di seluruh indonesia dan lebih murah daripada booking langsung ke hotelnya dan bayar cash.



Sedangkan bagi yang ingin berlibur ke luar negeri, booking online dari Agoda menawarkan pilihan hotel yang lebih lengkap sesuai kriteria yang diharapkan kini Agoda tidak hanya menerima pembayaran dari credit card saja.

Baca juga: Kini Pembayaran Agoda Sudah Bisa Dengan Mandiri ClickPay

Perhatikan score hotel untuk hotel-hotel di luar negeri. Pada umumnya hotel-hotel yang cukup recommended jika traveling ke luar negeri adalah hotel yang memiliki minimum score 7.0.




Strategi saya menyiasati persiapan tiket mudik Lebaran dan menyiapkan segala perabotannya sudah saya paparkan cukup detail. Dari sejak punya kartu ATM, saya memang lebih suka menggunakan kartu buat belanja. Simpel dan terlihat lebih kece. 😎 Dan juga pilihan belanja saya cenderung lebih memilih belanja online daripada harus muter-muter di mall dan capek berdiri antri di kasir. Sebagai informasi, melakukan pembayaran dengan kartu debit/kredit membantu pemerintah mencegah inflasi dengan mengurangi banyaknya uang cash yang beredar. Pesan saya, cermati kebutuhan yang ingin dipenuhi, gunakan pilihan cerdas untuk memenuhinya dan cermati jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Semoga bermanfaat, selamat merencanakan resolusi lebaran. 🙏

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.