Saturday, October 3, 2015

Tips Transaksi Aman di BNI Internet Banking


Ketika iseng-iseng cek email, tiba-tiba saya mendapatkan email dari BNI dengan judul Tips Transaksi Aman di BNI Internet Banking. Mungkin akhir-akhir ini terdapat modus baru penipuan atau pembobolan rekening yang pernah dialami oleh nasabah beberapa bank besar di negara ini. Penipuan atau pembobolan rekening yang menjadi modus terbaru ini dikenal dengan istilah permintaan untuk Sinkronisasi Token. Bagaimana kejadiannya dan bagaimana cara mengatasinya? yuk, berikut saya share email yang saya dapat dari BNI.

Untuk kenyamanan dan keamanan Anda bertransaksi di BNI Internet Banking, perhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  • BNI e-Secure/m-Secure hanya digunakan untuk aktivitas transaksi finansial atau perubahan data. BNI tidak pernah meminta melakukan sinkronisasi BNI e-Secure/m-Secure di layar BNI Internet Banking Nasabah.
  • Gambar dibawah merupakan contoh tindak penipuan yang disebut sinkronisasi token yang meminta Anda untuk menginput BNI e-Secure/m-Secure Anda. Jika Anda menemukan hal ini, STOP / HENTIKAN TRANSAKSI dan segera hubungi BNI Call di 1500046 dari ponsel (021) 1500046 atau 68888.

Tips Transaksi Aman di BNI Internet Banking, sinkronisasi token

  • Pastikan komputer yang Anda gunakan bersih dari malware, virus/worm, trojan atau spyware. Hindari untuk mengakses BNI Internet Banking dari warnet atau jaringan/computer yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
  • Pastikan Anda mengakses BNI Internet Banking melalui alamat resmi situs BNI Internet Banking di www.bni.co.id dan klik tombol login, atau langsung ke halaman login BNI Internet Banking di https://ibank.bni.co.id.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatasnamakan petugas bank/petugas BNI melalui telepon, faks atau email yang menanyakan data pribadi termasuk password Internet Banking dan PIN BNI e-Secure/m-Secure. Karena petugas BNI tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut.
  • Gunakanlah fasilitas virtual keyboard saat mengetikkan password anda untuk menghindari tindak kejahatan pencurian informasi (keylogger).
  • Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan penerima telah sesuai.
  • Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.
  • Jaga kerahasiaan password BNI Internet Banking dan PIN BNI e-Secure Anda dan lakukan penggantian password BNI Internet Banking Anda secara berkala.
  • Apabila Anda menemukan hal yang tidak biasa saat mengakses halaman web BNI Internet Banking, segera hentikan transaksi Anda dan segera hubungi BNI Call di 1500046 atau 68888.

Informasi ini berdasarkan email yang saya dapatkan dari BNI tanpa mengurangi atau mengubah sedikitpun redaksinya. Semoga bermanfaat!

Note:

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.