Monday, November 2, 2015

Traveler, Empat Hal Ini Wajib Anda Miliki


“Once a year, go someplace you’ve never been before.” – Dalai Lama
“You don’t have to be rich to travel well.” – Eugene Fodor
“Life begins at the end of your comfort zone.” – Neale Donald Walsch
“Take only memories, leave only footprints.” – Chief Seattle
“Investment in travel is an investment in yourself.” ~ Matthew Karsten
“We travel not to escape life, but for life not to escape us.” – Anonymous

Traveling hampir menjadi hobi dari setiap orang. Siapa sih yang tidak suka travelingTraveling memang sangat menyenangkan. Setiap orang memiliki tingkat ketertarikan yang berbeda-beda berdasarkan prioritas dari tujuan hidupnya. Misalnya, traveling bagi orang-orang yang sudah berkeluarga tentunya yang mereka inginkan adalah traveling ke tempat yang tidak begitu jauh tetapi tempat tersebut bisa dinikmatinya bersama keluarga. Semua itu tidak menjadi masalah bagi mereka yang ingin berlibur. Yang terpenting bagi seorang traveler itu wajib memiliki empat hal.

1. Motivasi
Pada bagian atas dari artikel ini saya menuliskan beberapa traveling quote yang saya suka. Motivasi adalah hal utama yang harus dimiliki oleh setiap traveler supaya apa yang ingin didapatkan dari perjalanannya dapat tercapai. Dengan motivasi kita bisa fokus menikmati traveling yang kita lakukan, selalu berpikir positif dengan setiap kejadian selama perjalanan dan menghasilkan ide-ide kreatif untuk menikmati setiap detik dalam perjalanan yang dilakukan.


Gambar disalin dari gabriellemaston.com/wp-content/uploads/2015/07/Motivation1.jpg


2. Ketersediaan Waktu
Berbeda dengan full time traveler, ketersediaan waktu menjadi poin penting dalam merencanakan sebuah perjalanan bagi sebagian orang yang memiliki kesibukan lainnya seperti pekerja kantoran, wirausaha dsb. Menyisihkan waktu untuk traveling bagi saya adalah sebuah kebutuhan untuk lebih fokus dengan pekerjaan rutin di kantor maupun menikmati quality time bersama keluarga atau teman.

“…Deactivating and reactivating your goals allows you to stay focused,” he said. “From a practical standpoint, our research suggests that, when faced with long tasks (such as studying before a final exam or doing your taxes), it is best to impose brief breaks on yourself. Brief mental breaks will actually help you stay focused on your task!”
(Alejandro Lleras, University of Illinois psychology professor)


3. Alokasi Dana
Biaya yang akan dikeluarkan saat traveling adalah faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Sebaiknya kita menyisihkan sebagian tabungan untuk agenda perjalanan liburan. Hal utama yang perlu dilakukan adalah fokus terhadap tempat tujuan traveling yang akan didatangi. Kemudian buat rincian biaya yang akan dikeluarkan untuk transportasi dan akomodasi. Sebagai contoh tips yang saya lakukan untuk merencanakan traveling hemat bisa dibaca artikel saya yang berjudul 5 Tips liburan Hemat ke Singapore. Dan hal terakhir yang perlu dilakukan adalah menyisihkan sebagian penghasilan untuk mencapai target biaya yang sudah direncanakan. Tidak perlu terburu-buru untuk segera mencapai target biayanya, cukup rencanakan secara periodik berapa dana traveling yang akan disisihkan setiap bulannya.



4. Catatan Perjalanan
Sebaiknya perjalanan yang sudah kita lakukan selalu didokumentasikan entah dalam sebuah catatan seperti blog, social media atau fotografi. Dengan adanya dokumentasi dari perjalanan, kita bisa melihat-lihatnya kembali untuk refresh sesaat ketika jenuh dalam kesibukan sehari-hari. Jadi, wajib bagi setiap traveler untuk membawa kamera untuk mengabadikan cerita perjalanannya. Bagi saya, kamera tidak perlu terlalu canggih untuk dibawa saat traveling. Kamera DSLR sekelas Canon EOS 1000D atau saat ini Canon EOS 1200D sudah cukup mampu untuk menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik untuk mengabadikan serunya cerita perjalanan. Atau jika tidak memungkinkan untuk membawa kamera, saya biasa menggunakan kamera smartphone saya iPhone 5s. Karena iPhone 5s sudah bisa menghasilkan kualitas gambar yang tajam dan berkualitas.

Traveling adalah salah satu cara menikmati hidup yang dianugerahkan oleh Tuhan dan mensyukuri karuniaNya yang telah menciptakan alam ini. Semoga ulasan di atas dapat membantu memunculkan keinginan untuk traveling bagi anda yang menganggap traveling itu tidak penting.

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.