Tuesday, December 29, 2015

4 Lokasi Ini Sebaiknya Anda Kunjungi Ketika Berlibur Di Bukittinggi Bersama Keluarga


Libur natal tahun 2015 ini, pertama kalinya saya dan keluarga merayakan long weekend di Bukittinggi Sumatera Barat. Dan kota ini sepertinya menjadi salah satu destinasi favorit semua keluarga yang ingin berlibur. Perjalanan darat saya dan keluarga dari Pekanbaru mengalami kemacetan di beberapa titik lokasi menuju Bukittinggi sehingga perjalanan yang seharusnya dapat ditempuh selama 6 jam menjadi ditempuh selama 9 jam.

Dan sesampainya di Bukittinggi, kami pun hampir kehabisan penginapan disana. Ya.. habis.. bukan karena harganya yang tidak terjangkau tetapi benar-benar habis mulai dari hotel kelas melati hingga hotel yang cukup berkelas. Jadi saran saya buat para traveler yang ingin merayakan liburan akhir tahun di tahun depan sebaiknya booking hotel lebih awal supaya tidak kehabisan dan masih mendapatkan hotel dengan harga yang pantas sesuai fasilitas yang ditawarkan. Bersyukur akhirnya kami menemukan sebuah hotel yang sudah cukup tua dan masih terbilang cukup dekat dengan lokasi jam gadang melalui seorang kerabat adik ipar di Bukittinggi. Hotel Pusako namanya.

Lupakan keluh kesah kami selama perjalanan! hehe... Selama di Bukittinggi kami sarankan beberapa lokasi di bawah ini sebaiknya anda kunjungi ketika berlibur bersama keluarga ke Bukittinggi.

1. Jam Gadang
Lokasi ini adalah lokasi wajib yang harus anda kunjungi karena Jam Gadang adalah ikon dari kota Bukittinggi sehingga anda akan mendapatkan status sudah pergi ke kota ini jika sudah berfoto di depan jam ini seperti saya.. hehe.

Narsis di depan Jam Gadang

Di sekitar lokasi ini juga terdapat pasar yang menjual berbagai oleh-oleh khas Bukittinggi mulai dari makanan hingga kain tenun tradisional yang cukup terkenal seperti mukenah kerancang untuk muslim dan Pandai Sikek (mirip dengan kain Songket dari Palembang).


2. Ngarai Sihanok
Lembah bukit berbatu yang dapat ditempuh dengan bejalan kaki dari lokasi Jam Gadang. Di komplek ngarai ini hidup sekumpulan monyet yang sudah pasti akan menyapa anda dan juga terdapat Goa Jepang di dalamnya yang dibangun pada zaman pemerintah kolonial Jepang.

Ngarai Sihanok (Foto: Wikipedia)


3. Benteng Fort Dekock
Benteng yang dibangun pada masa kolonial Belanda dan saat ini benteng ini dihubungkan dengan sebuah jembatan gantung dengan kebun binatang Bukittinggi sehingga hanya 1 tiket masuk yang perlu dibeli. Lokasinya juga bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari lokasi Jam Gadang atau Ngarai Sihanok.

Jembatan Gantung Penghubung Benteng dan Kebun Binatang


4. Istano Basa Pagaruyung

Istano Basa Pagaruyung (Foto: Wikipedia)

Lokasi istana ini  terletak di daerah Tanah datar Batusangkar. Untuk menuju lokasi ini bisa melalui 2 alternatif rute yang sama-sama menawarkan keindahan alam Sumatera Barat yang eksotis dan kuliner menarik di tengah perjalanan anda dari Bukittinggi ke Batusangkar.

Alternatif rute Bukittinggi - Batusangkar
1. Bukittinggi - Baso - Tanah Datar Batusangkar
Rute ini adalah rute perjalanan terpendek dari Bukittinggi. Jika melalui rute ini, jangan lupa mampir di warung Bakso & Mie Ayam Dangau Sawah Tangah. Sembari menikmati Bakso sembari juga menikmati keindahan pemandangan sekitar yang dikelilingi sawah penduduk dan perbukitan.

Warung Bakso & Mie Ayam Dangau Sawah Tangah

2. Bukittinggi - Padang Panjang - Tanah Datar Batusangkar
Rute ini lebih jauh dari rute sebelumnya. Rute ini juga menyajikan pemandangan yang cukup eksotis selama perjalanan. Terlebih lagi anda bisa mampir di warung sate Mak Syukur yang terkenal dengan sate daging sapi khas Bukittinggi.

Untuk menuju istana ini, sebaiknya anda menyewa mobil supaya bisa menikmati setiap lokasi menarik selama perjalanan.

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.