Saturday, January 9, 2016

Andai saja suasana tempat kerja layaknya suasana cafe


Nongkrong di Cafe saat weekend atau saat jam istirahat kantor hampir menjadi favorit setiap orang terutama para esmud (baca: eksekutif muda). Kegiatan yang mereka lakukan tak lain adalah ngobrol dengan teman, kolega maupun ngerjain kerjaan. Cafe yang dimaksud adalah jenis cafe seperti J.Co, Starbucks, Coffee Bean dll. Bersantai atau mengerjakan pekerjaan dengan suasana santai seperti di tempat-tempat ini memang sangat nyaman dan tidak membuat jenuh. Menurut saya sudah waktunya dan sudah seharusnya suasana kantor di Indonesia diset seperti suasana di cafe.

Beberapa hal yang menurut saya membuat nyaman suasana cafe:

1. Desain tata letak ruangan yang fleksibel
Penataan meja dan kursi di cafe sangat fleksibel dan tidak tersekat-sekat seperti suasana kantor pada umumnya. Tata letak semacam ini memudahkan orang berinteraksi satu sama lain.

2. Ruangan sejuk dan memiliki jendela kaca yang lebar dengan view yang bagus
Seperti yang kita ketahui, sebenarnya ruangan cafe tidaklah seluas kantor tempat kita bekerja. Namun dengan jendela kaca yang lebar dan view yang bagus menghadap taman atau jalan membuat ruangan cafe tidak terkesan sempit dan jenuh. Apalagi di cafe juga disediakan AC dan kipas angin yang membuat sirkulasi udara menjadi nyaman.

3. Menyediakan snack dan minuman ringan
Meskipun harus bayar, orang-orang seakan tidak pernah keberatan mengeluarkan duit dari dompetnya untuk memesan snack dan minuman ringan seperti kopi atau hot chocolate. Bayangkan seandainya di kantor juga bisa memesan snack dan minuman ringan dengan mudah terlebih lagi jika gratis mungkin orang-orang akan lebih betah di kantor daripada di rumah.. Hehe.

4. Tersedia internet gratis
Aktifitas orang-orang selama di cafe hampir sebagian besar berselancar di dunia maya melalui ponselnya. Dengan adanya wifi gratis apalagi memiliki bandwith tinggi, biasanya pengunjung cafe sengaja berlama-lama dan menghabiskan minumannya perlahan-lahan demi menikmati selancarnya di dunia maya.. Hehe.

Empat hal di atas yang saya rasakan selama di cafe. Seandainya tempat kerja kita seperti ini maka ....
Selamat berandai-andai! Hehe...


Suasana Lingkungan Kerja Google

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.