Sunday, January 10, 2016

Mengapa nge-Blog?

Foto: Kompasiana

Nggak terasa sudah pindah tahun dari 2015 ke 2016. Kalau dihitung dari umur saya mulai menulis di Blog sebenarnya belum sampai 1 tahun karena blog ini dibuat sejak bulan Maret 2015. Awal menulis blog terinspirasi dari beberapa tulisan blog saat browsing yang menyajikan konten cerita yang sederhana tetapi sangat menginspirasi terlebih lagi ada blogger yang rela menyajikan sejarah mereka membuat blog dan bagaimana blog bisa menjadi sumber penghasilan sampai rela melepas pekerjaan tetap mereka.

Banyak blogger yang telah sukses menjadikan blog sebagai pekerjaan tetap dan umumnya mereka adalah seorang travel blogger seperti Adam dan Susan dengan blognya pergidulu.com dan Trinity dengan blognya naked-traveler.com untuk blogger dalam negeri. Sementara untuk blogger luar negeri yang paling inspiratif menurut saya adalah Sabrina Iovino dengan blognya justonewayticket.com. Silahkan dibaca tulisan Sabrina yang berjudul 8 Steps To Freedom: How I Quit My Job And Traveled Around The World. Tulisan-tulisan Sabrina sangat populer hingga diakui oleh website-website berkelas seperti BBC Travel dsb. Tetapi meskipun inspiratif, rasanya saya belum bisa meniru Sabrina yang harus rela melepaskan pekerjaan tetapnya.. hehe. Sementara ini, bagi saya blog sebagai sarana untuk memanfaatkan waktu yang seringkali banyak terbuang pada saat tidak ada kesibukan kerja dan berbagi pengalaman daripada menggunakan waktu terbuang untuk sesuatu yang kurang bermanfaat.

Sudah dua paragraf saya tulis mungkin masih ada yang belum mengerti apa itu blog? Video dibawah ini cukup jelas mendeskripsikan apa itu blog cuma bahasanya pakai bahasa inggris. Silahkan terjemahkan sendiri ya... hehe. 😜


Blog sangat mirip dengan website. Blog adalah buku harian atau jurnal yang kebanyakan dikelola oleh satu orang blogger. Biasanya, blog diperbarui cukup sering (sekali sehari, seminggu sekali, sebulan sekali). Blog bisa menjadi pribadi, tetapi kebanyakan dari mereka mem-publish-nya di internet untuk orang lain untuk berbagi.

Postingan blog adalah yang fundamental dari sebuah blog. Setiap blog di internet terdiri dari postingan blog yang berbeda yang ditulis oleh blogger. Postingan blog dapat berisi konten seperti Video, gambar, cerita unik yang berbeda dan sebagainya.

Blog dapat memiliki banyak pengunjung. Ketika blog sudah memiliki cukup postingan dan populer, Anda akan mulai menerima traffic dari situs lain, jaringan sosial dan bahkan dari search engine. Dan pada saat itu Anda sudah bisa mulai memonetisasi blog Anda dengan penghasilan dari iklan. Salah satu contohnya adalah menjadi penayang iklan dari Google Adsense.

Untuk membuat sebuah blog, platform yang biasa digunakan adalah WordPress dan Blogspot (Blogger). Penggunaan platform ini tergantung dari selera setiap blogger. Sebagai pertimbangan informasi platform, dibawah ini adalah statistik penggunaan platform tersebut berdasarkan data pencarian di Google.



Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai segala sesuatu. Happy blogging!

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.