Saturday, January 23, 2016

Paspor Hijau Indonesia Laku Dimana Saja?


Gambar peta di atas menunjukkan di negara mana saja traveler dengan paspor Indonesia memiliki kemudahan mengunjungi negara-negara tersebut tanpa pengurusan Visa yang super ribet. Adapun kategorinya dibagi 3 antara lain Bebas Visa, Visa on Arrival (VOA) dan eVisa.

Sudah tau negara-negara mana saja pada gambar di atas? di bawah ini adalah tabel negara-negara tersebut.

Data terupdate per 2015

eVisa adalah layanan pembuatan Visa elektronik yang disediakan oleh pemerintah Negara yang akan dituju seperti Turki menyediakan layanan pembuatan eVisa melalui website www.evisa.gov.tr. Pelamar mendapatkan visa mereka secara elektronik setelah memasukkan informasi yang diperlukan dan melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau debit (Mastercard, Visa atau UnionPay).

Link untuk men-download eVisa diberikan pada langkah terakhir di mana Anda akan diinformasikan bahwa eVisa telah berhasil diselesaikan. Selain itu, link yang sama untuk mendownload eVisa juga akan dikirim ke alamat email. Petugas paspor di Airport dapat memverifikasi eVisa pada sistem mereka. Anda disarankan untuk menyimpan eVisa dengan baik dalam bentuk soft copy (tablet PC, smartphone, dll) atau hard copy untuk berjaga-jaga dari kegagalan pada sistem verifikasi di Airport.

Sebenarnya sudah cukup lumayan jumlah negara yang memudahkan paspor Indonesia tetapi jumlah ini masih kalah jauh dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang jumlahnya 2 kali lipat jumlah negara yang memudahkan paspor Indonesia. Paspor adalah kunci untuk mempelajari dunia, yuk segera buat!

Baca juga: Mengurus Pembuatan Paspor Tanpa KTP Setempat (KTP Local) dan Mengurus Pembuatan Paspor untuk Anak

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.