Thursday, February 4, 2016

Social Media Marketing


Social Media merupakan media online dimana para penggunanya bisa saling berbagi dan berpatisipasi dengan mudah. Dan belakangan ini social media juga menjadi sarana beriklan, berbisnis atau berjualan secara online. Rata-rata penduduk dunia memiliki akun di beberapa social media. Sama halnya dengan orang Indonesia rata-rata 1 orang memiliki akun di beberapa social media. Maklum Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di Asia Tenggara.


Ada banyak jenis social media yang kita ketahui seperti facebook, twitter, youtube dll yang sering digunakan oleh setiap orang. Namun jika kita sebagai online marketer yang ingin berbisnis atau berjualan secara online, kita perlu tahu social media manakah yang paling banyak digunakan di suatu daerah. Mereka menggunakan social media tertentu biasanya dilatarbelakangi oleh kemudahan dalam penggunaan aplikasi social media tersebut dan ketersediaannya dalam beberapa platform interface seperti ada tidaknya aplikasi mobile di OS Android, IOS atau Windows.


Dalam sebuah online marketing, kita perlu mengenal lebih dalam tentang produk apa yang akan kita jual, siapa konsumen potensial dan di daerah manakah produk kita lebih tepat dijual. Untuk hal ini saya mencontohkan di Indonesia, berdasarkan tren pencarian Google, social media yang paling banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia secara berurutan sesuai ranking adalah facebook, youtube, instagram, twitter dan linkedin. Lima social media inilah yang populer di Indonesia sehingga pastikan jika sasaran bisnis online anda adalah Indonesia, media online untuk mengiklankan produk anda adalah 5 social media tersebut.


Dan dari kelima social media tersebut masing-masing memiliki kriteria pengguna masing-masing seperti facebook banyak digunakan oleh semua kalangan dan semua usia, youtube banyak digunakan oleh kalangan pecinta hiburan, instagram yang digunakan oleh para traveler dan pecinta fotografi, twitter yang digunakan oleh kalangan yang membutuhkan informasi secara cepat seperti berita dan linkedin yang banyak digunakan oleh kalangan eksekutif. Kriteria-kriteria ini hanyalah kriteria umum dan masih banyak kriteria spesifik dari social media tersebut yang harus anda definisikan sehingga tidak asal-asalan mengiklankan bisnis online anda supaya apa yang anda harapkan dapat tercapai. Mulai sekarang marilah kita gunakan social media secara smart.

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.