Saturday, February 6, 2016

Wish Not Too Late Story: Trip to Holly Land 2013 (Omra)


Jabal Ruman (Bukit Pemanah), Madinah Al Munawarah

Bertemu dengan banyaknya rombongan umroh membuat saya ingin sedikit berbagi tentang pengalaman umroh saya bersama istri tahun 2013 yang lalu. Berkunjung ke tanah suci Makkah di Arab Saudi selalu menjadi idaman dan cita-cita utama umat muslim Indonesia sehingga tidak heran jumlah jemaah haji Indonesia selalu sangat besar setiap tahunnya sehingga beberapa orang yang mendaftar haji terpaksa menunggu antrian kuota dari pemerintah.

Sebelum umroh ke tanah suci beberapa hal utama yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari antara lain paspor dengan panjang nama pemegang paspor minimal 3 kata, referensi agen travel yang terpercaya dan berkualitas, meluruskan niat untuk pergi ke tanah suci, dan kesehatan fisik.

Paspor dengan panjang nama minimal 3 kata
Untuk bisa mendapatkan visa umroh, Arab Saudi mewajibkan nama di paspor terdiri dari 3 kata entah apa alasannya yang jelas ijin untuk mendapatkan visa memang kewenangan pemerintah Arab Saudi. Peraturan ini seringkali membingungkan orang Indonesia yang ingin beribadah kesana terlebih lagi jika namanya hanya terdiri dari 1 atau 2 kata. Pihak imigrasi Indonesia sejauh ini telah mempermudah ijin untuk menambahkan kata di dalam paspor seandainya namanya kurang dari 3 kata yaitu dengan penambahan nama orang tua

Baca juga: Mengurus Pembuatan Paspor Tanpa KTP Setempat (KTP Local)

Referensi agen travel terpercaya dan berkualitas
Jika anda ingin beribadah umroh ke tanah suci hendaknya mulailah mencari referensi agen travel yang terpercaya dan berkualitas melalui laporan-laporan kegiatannya yang biasanya diposting dalam website mereka maupun melalui pemaparan mantan jemaah dalam sebuah media sosial dsb. Yang perlu dipahami: agen travel yang terpercaya dan berkualitas tidak harus agen yang menawarkan tarif paket umroh yang mahal. Pemilihan agen travel yang berkualitas akan berdampak pada kenyamanan dan kekhusyuan ibadah kita selama di tanah suci. Akomodasi, konsumsi dan transportasi menjadi kunci utama kenyamanan kita selama beribadah.

Sebagai contoh saja, jika konsumsi tidak dihadirkan tepat waktu secara otomatis bagi saya membuat ibadah jadi kurang khusyuk... hehe. Mungkin setiap orang berbeda-beda ketahanan tubuhnya tetapi agen travel tidak boleh mengabaikan itu karena ibadah di tanah suci benar-benar membutuhkan kestabilan kondisi fisik. Contoh lainnya adalah jika pemilihan maktab (hotel/penginapan) tempat kita menginap sangat jauh lokasinya dari Masjidil Haram atau Masjid Nabawi tentunya akan membuat kita malas atau kecapekan untuk beribadah sholat berjamaah di masjid. Terlebih lagi jika kita ingin sholat tahajud di masjid agung tersebut. Padahal nilai pahala yang dijanjikan sangat besar di kedua masjid agung tersebut. Jadi, kualitas agen travel adalah hal mutlak yang menurut saya pantas untuk diperhitungkan. Oleh karena itu, jauh-jauh hari kita sudah harus mencari referensi agen travel yang berkualitas.

Meluruskan niat untuk pergi ke tanah suci
Berdasarkan opini yang berkembang di masyarakat, katanya jika ingin pergi ke tanah suci jangan berniat yang macam-macam kecuali untuk beribadah. Meskipun ini hanya opini, pada kenyataannya saya mengalami apa yang dimaksudkan dari opini tersebut. Disamping keinginan untuk beribadah saya memiliki tujuan lain untuk pergi ke tanah suci. Alhasil, salah satu barang berharga saya hilang di kamar hotel tempat saya menginap. Padahal hotel yang menjadi penginapan saya saat itu memiliki rating setara 5 star hotel dimana seharusnya keamanan dan kenyamanan tamu hotel menjadi prioritas utama.

Kesehatan Fisik
Sehat jasmani sebelum berangkat ke tanah suci merupakan salah satu hal utama yang juga perlu kita persiapkan karena ibadah selama di tanah suci benar-benar ibadah fisik yang dikombinasikan dengan cuaca Arab Saudi yang cukup ekstrim dibandingkan dengan cuaca di Indonesia sehingga kesehatan fisik sebelum berangkat perlu diperhatikan.

only me & my wife
Posted by Irfan Effendi on Tuesday, April 23, 2013

These are just a lil tips before doing trip to holly land...
Semoga bermanfaat! 

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.