Monday, May 23, 2016

Spot Wisata Keluarga di Riau: Istana Siak Sri Inderapura

Halaman Depan Istana Siak Sri Inderapura

Pekanbaru, sangat minim jumlah tempat wisata di kota ini sehingga jika ingin mencari tempat wisata keluarga yang menarik, kita harus melakukan perjalanan keluar kota ini. Salah satu tempat wisata keluarga yang cukup direkomendasikan adalah Istana Siak yang berlokasi di kota Siak Sri Inderapura. Salah satu tempat wisata bersejarah dimana pahlawan yang menjadi simbol propinsi Riau berasal dari kota ini.


Bangunan istananya tidak begitu besar tetapi komplek istana lumayan luas. Sultan terakhir di istana ini adalah Sultan Syarif Kasim 2 yang namanya saat ini diabadikan menjadi nama bandara di Pekanbaru. Kabarnya, pada saat masa beliaulah terjadi penyatuan kekuasaan wilayah riau ke dalam pemerintah Indonesia. Di bawah kepemimpinan Sultan Syarif Kasim 2, kesultanan Siak menjadi kerajaan maritim yang dikenal kuat pada masanya. Pengaruh kerajaan Siak sampai dengan wilayah kalimantan dan semenanjung Malaysia.

Kota Siak sendiri adalah kota yang sangat luas, bersih, teratur dan rapi. Jika anda pertama kali mengunjungi kota ini, anda pasti kagum dengan tatanan kotanya. Selain istana, di kota ini juga terdapat jembatan lintas sungai yang cukup panjang, besar dan legendaris dengan bentuk mirip jembatan Suramadu di Surabaya. Namanya adalah Jembatan Tengku Agung Sulthanah Latifah.

Jembatan Tengku Agung Sulthanah Latifah

Silahkan berkunjung ke kota ini jika memiliki waktu yang cukup panjang ketika traveling ke Pekanbaru. Kota Siak dapat ditempuh sekitar 2.5 jam perjalanan darat dari Pekanbaru dengan melewati jalur lintas timur sumatera. Happy traveling ! 


No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.