Sunday, August 28, 2016

Popularitas GO-CAR dalam era persaingan Taxi Online di Jakarta

Kabar Baik, Untuk Indonesia, Inovasi Daerah, Good News From Indonesia, GNFI
GO-CAR Layanan Taxi Online dari GO-JEK

Taxi online memang bisa dibilang sedang naik daun dalam perbincangan masalah transportasi di Jakarta akhir-akhir ini. Bagaimana tidak? Bisnis ini benar-benar diisukan menurunkan pendapatan taxi incumbent seperti BlueBird yang dulunya sangat populer di kota ini. Tetapi lain dulu lain sekarang, seiring dengan kemajuan teknologi informasi selalu menciptakan peluang-peluang baru dalam berbisnis. Dan diantaranya, Taxi online adalah salah satu bisnis yang sedang tren saat ini disamping menjadi solusi terhadap transportasi publik eksisting yang masih memberikan pelayanan kurang memuaskan.

Dengan modal hanya registrasi dengan mudah secara online melalui website GO-CAR, GrabCar dan Uber, saat ini seseorang yang memiliki kendaraan minibus seperti Avanza dan sejenisnya sudah bisa membuka usaha baik menjadi driver taxi online tersebut atau menyewakan kendaraannya kepada seseorang yang berminat untuk menjadi driver taxi online. Secara tidak langsung bisnis ini juga menjadi lapangan kerja baru bagi masyarakat. Alhasil, popularitas persaingan taxi incumbent dan taxi online berdasarkan tren pencarian berita (News) melalui Google untuk kategori Car Rental & Taxi Services di wilayah Jakarta menjadi seperti di bawah ini.


Dalam hal ini, GO-CAR tampak belum bisa menyaingi popularitas GrabCar dan Uber yang secara teknologi dan modal mungkin bisa dibilang lebih mapan dikarenakan usia berdirinya yang lebih dulu dibandingkan GO-CAR yang masih merupakan startup bisnis taxi online yang menjadi salah satu inovasi daerah dan kreativitas murni Indonesia. Secara perspektif bisnis kedepan, Taxi online akan semakin banyak dibutuhkan oleh masyarakat modern dalam hal ini Jakarta dimana masyarakatnya mulai beranjak modern dan fleksibilitas cenderung menjadi sebuah kebutuhan disamping kecepatan pelayanan. Sementara di sisi lain, Blue Bird yang merupakan Taxi incumbent mulai menurun popularitasnya.

Dengan menggabungkan antara kreativitas dan popularitas, sebaiknya Taxi incumbent seperti Blue Bird dan taxi online GO-CAR segera melakukan konsolidasi yang bukan hanya sekedar wacana seperti dalam sebuah artikel yang sempat diberitakan di media. Karena dengan keunggulan yang bisa saling melengkapi tentunya akan membuat kedua penyedia taxi ini yang semula berdiri sendiri-sendiri bisa maju bersama mengejar ketertinggalan dari taxi online rivalnya seperti GrabCar dan Uber yang semakin melejit.


Gabungan dari dua penyedia jasa taxi ini akan menjadi sebuah inovasi baru yang murni merupakan karya kreativitas aset Indonesia untuk Indonesia yang mampu bersaing dengan bisnis taxi asing. Style BlueBird yang cenderung kaku dapat berubah menjadi konsep yang lebih fleksibel dengan kreativitas yang dimiliki oleh layanan GO-CAR, sementara armada BlueBird yang tersebar hingga ke daerah-daerah yang tidak hanya Jakarta dapat menjadi kekuatan dalam meraih peluang pasar. Dan sebaiknya konsolidasi kedua penyedia jasa taxi ini melahirkan sebuah produk yang benar-benar baru dengan nama baru, konsep baru dan identitas baru (joint venture) dengan menghilangkan karakter-karakter lama yang cenderung sudah tidak memiliki image positif di mata masyarakat saat ini.

Kabar Baik, Untuk Indonesia, Inovasi Daerah, Good News From Indonesia, GNFI
Logo Perusahaan GO-JEK dan Blue Bird Group

Adapun kebutuhan masyarakat terhadap jasa taxi saat ini antara lain kecepatan dan kemudahan dalam pemesanan bagaimana konsumen bisa menemukan alamat tujuan, memilih jenis kendaraan, dan berangkat dalam seketika maupun berangkat dengan pengaturan schedule; keamanan dan kenyamanan dalam berkendara dengan kendaraan yang memenuhi standard kualitas dan driver yang profesional serta layanan asuransi jika dimungkinkan; kemudahan serta kejelasan dalam pembayaran dengan tersedianya estimasi biaya dan saluran media pembayaran yang praktis seperti fasilitas pembayaran dengan kartu kredit, transfer bank maupun cash. Dengan terpenuhinya 3 kebutuhan masyarakat ini, kemungkinan menjadi kabar baik tingkat kepercayaan masyarakat terhadap taxi lokal dapat kembali dengan adanya standar kualitas pengelolaan taxi yang sudah berskala Internasional.


Baca juga: Pesan GoCar by GoJek di Jakarta kini bisa dapat Taxi Blue Bird

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.