Sunday, December 25, 2016

Indahnya Panorama Alam di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi




Pelabuhan Ketapang adalah pelabuhan feri di Desa Ketapang, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali via Selat Bali. Untuk menuju pelabuhan ini dapat dicapai dengan melewati Jalan Gatot Subroto. Pelabuhan Ketapang berada dalam naungan dan pengelolaan dari ASDP Indonesia Ferry. Pelabuhan ini dipilih para wisatawan yang ingin menuju Pulau Bali menggunakan jalur darat. Setiap harinya, ratusan perjalanan kapal feri melayani arus penumpang dan kendaraan dari dan ke Pulau Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Rata-rata durasi perjalanan yang diperlukan antara Ketapang - Gilimanuk atau sebaliknya dengan feri ini adalah sekitar 20 menit.

Saya bersyukur pada saat itu sedikit terlambat ketika memesan jasa travel minibus dari Situbondo kampung halaman saya di Jawa Timur menuju Bali dari awalnya pemberangkatan seharusnya jam 12 malam dari Situbondo tetapi baru dijemput travel jam 3 dini hari. Kenapa bersyukur? karena saya bisa sampai di Pelabuhan Ketapang jam 5 pagi bersamaan dengan terbitnya matahari sehingga dapat menyaksikan keindahan alam yang luar biasa dari ujung timur pulau Jawa ini. Keindahan alam ini saya abadikan dalam instagram saya seperti yang anda lihat pada gambar di bawah ini.

A photo posted by Irfan Effendi (@irfaneffendi) on


A photo posted by Irfan Effendi (@irfaneffendi) on

Perjalanan darat dari Situbondo menuju Pelabuhan Ketapang sekitar 2 sd. 2.5 jam perjalanan darat. Tarif jasa travel minibus dari Situbondo menuju Bali (Kuta) seharga Rp 200 ribu sudah termasuk biaya penyeberangan di Pelabuhan Ketapang. Buat Anda yang sering bepergian ke Bali saya sarankan sesekali mencoba perjalanan jalur darat seperti yang saya lakukan. Dan pastikan tiba di Pelabuhan Ketapang paling lambat jam 5 pagi supaya anda dapat menikmati keindahan matahari terbit dari ujung timur Pulau Jawa ini. 😊

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.