Sunday, March 19, 2017

Minum Kopi Ditemani Indahnya Panorama Alam Jawa Tengah di Pondok Kopi Umbul Sidomukti


Traveling ke Semarang sebaiknya sisipkan salah satu agenda minum kopi di Pondok Kopi Umbul Sidomukti di bucket list perjalanan anda. Lama perjalanan sekitar 1.5 jam dari Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang. Rute dari perjalanan menuju Pondok Kopi Umbul Sidomukti adalah rute perjalanan dari Semarang menuju kota Gudeg Yogyakarta. Jadi sebaiknya berkunjung ke Yogyakarta juga dimasukkan dalam itinerary perjalanan anda.

Perjalanan dari Semarang menuju Pondok Kopi Umbul Sidomukti banyak menyuguhi panorama alam perbukitan, sekilas terbesit juga dalam pikiran saya "siapa yang punya ide bikin pondok kopi di puncak bukit dengan ketinggian sekitar 1700 m dpl?" Pasalnya jalan akses ke pondok kopi ini melalui perumahan-perumahan penduduk dengan lebar jalan yang terbilang sangat sempit tidak bisa berpapasan dengan kendaraan lain khusus mobil dan banyak tanjakan curam. Dari ketinggian pondok kopi ini kita juga sudah dapat melihat puncak Merapi.

Bergaya di depan Pondok Kopi
Panorama yang mengelilingi Pondok Kopi
Berfoto dengan latar belakang puncak Merapi
Sisi lain dari Pondok Kopi

Di komplek Pondok Kopi ini juga terdapat sebuah gua yang bernama Goa Tirta Mulya yang ujung Goanya berakhir di sebuah tebing bukit dan menyuguhi pemandangan lereng perbukitan yang menyegarkan mata. Untuk masuk ke Goa ini cukup dikenakan biaya Rp 5,000 per orang.

Suasana dalam Goa Tirta Mulya
Ujung akhir Goa

Paling enak jika ke tempat ini sambil memesan secangkir kopi disertai kudapan-kudapan sehat seperti singkong keju bakar, tempe mendoan, pisang kipas original dsb. Harga kudapannya benar-benar murah disamping rasanya yang juga benar-benar menggoyang lidah. Untuk jenis kopinya sejenis kopi robusta yang disajikan dalam berbagai sajian seperti cappuccino, kopi hitam dll. Daripada saya ceritakan lengkap sebaiknya segera anda masukkan tempat ini dalam bucket list yang harus anda kunjungi. Have a nice trip!

4 comments:

Dandy Siswandy said...

waaah juara emang mas pemandangan kaya gitu sambil menikmati secangkie kopi

Irfan Effendi said...

Setuju pake banget mas :)

Ririn Famur wandes Rahayu lubis said...

Wadauu mas.
Minum kopi sambil menikmati pemandangan alam.
Sungguh perfect sekali.haha

Irfan Effendi said...

Pastinya.. :)

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.