Saturday, May 27, 2017

Traveler Muslim Wajib Perhatikan Waktu Imsak dan Adzan Magrib Saat Traveling


Bismillahirrahmanirrahim, semoga postingan saya kali ini bisa membantu para traveler muslim khususnya saat traveling di wilayah Indonesia. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam perjalanan di saat puasa adalah waktu imsak sebagai persiapan mengawali ibadah puasa dan adzan magrib sebagai tanda untuk segera mengakhiri ibadah puasa pada hari itu. Dua waktu ini sangat penting selain jadwal waktu sholat yang juga sangat penting.

Sebagaimana yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad Saw untuk mengakhiri waktu sahur (durasi waktu sekitar bacaan sejumlah 50 ayat Al-Quran dengan panjang ayat yang normal sebelum adzan subuh) dan untuk menyegerakan berbuka ketika sudah masuk waktu berbuka yang biasanya ditandai dengan Adzan Magrib.

Dengan terjaganya perhatian traveler pada 2 waktu ini insya Allah travelingnya akan selalu dalam keadaan sehat karena dapat terhindar dari beberapa penyakit seperti maag dan pusing yang umum terjadi ketika tubuh kurang asupan makanan.

Di bawah ini saya buatkan summary waktu imsak dan adzan magrib untuk 6 kota besar yang ada di Indonesia. Mohon maaf jika ada kota yang tidak bisa saya buatkan bisa langsung mengunduhnya dari website yang disediakan oleh Kemenag di url sihat.kemenag.go.id/jadwal-imsakiyah#.

*Click image to enlarge

Sebagai catatan bahwa untuk zona waktunya mengikuti masing-masing zona waktu di Indonesia misalnya Jakarta Pusat masuk dalam zona Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) dst.

Panduan Minum 8 Gelas Sehari Saat Puasa (sumber: detikcom)

Semoga bermanfaat! Happy traveling! Happy Ramadhan! 😊 🙏 

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.