Thursday, October 12, 2017

9 Lokasi yang Wajib Dikunjungi di Sekitar Seoul ketika Traveling ke Korea Selatan


Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan mancanegara. Mulai dari iklimnya yang memiliki 4 musim, budayanya, menu kulinernya dan floranya yang terbilang sangat menarik untuk dinikmati. Disamping model fashion ala K-POP dan drama korea yang sekarang juga banyak digandrungi remaja-remaja di Indonesia. Informasi detail tentang Korea Selatan dapat dilihat dari website pariwisatanya dengan alamat url english.visitkorea.or.kr.

Bersyukur saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi negara ini beberapa hari sehingga bisa menikmati beberapa hal yang unik dan khas dari Korea Selatan. Ada lumayan banyak lokasi di sekitar Seoul yang saya kunjungi tetapi ada 9 lokasi yang perlu saya share karena lokasi-lokasi ini sangat ikonik bagi Korea Selatan.


1. Gyeongbokgung Palace

Sebuah istana yang terletak di sebelah utara kota Seoul (Gangbuk). Istana ini termasuk dari 5 istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon. Mengunjungi istana ini jangan pernah berharap untuk bertemu dengan seorang raja dan para punggawanya karena saat ini tidak ada raja di Korea Selatan sedangkan penjaga istana yang biasa ditemui di lokasi ini hanyalah semacam petugas istana yang dibentuk untuk kepentingan wisata saja. Pemimpin negaranya adalah seorang Presiden dan sistem pemerintahannya adalah Republik Demokrasi. Berdasarkan sejarah Korea Selatan, sistem dinasti kerajaan di Korea Selatan berakhir sejak invasi Jepang ke negara ini. Berfoto dengan latar belakang istana ini adalah hal wajib jika kita pertama kali mengunjungi negara ini seperti saya. 😊


2. Garden of The Morning Calm

Kebun bunga dimana banyak flora 4 musim dirawat dengan baik disini. Di kebun ini juga tersedia bibit tanaman yang bisa dibeli jika kita ingin membawanya ke Indonesia untuk oleh-oleh atau ditanam di rumah. Saran saya pilihlah tanaman-tanaman berbunga yang sekiranya bisa tumbuh di Indonesia karena kondisi iklim di Indonesia berbeda dengan Korea Selatan.



3. Nami Island

Pulau yang katanya adalah lokasi dimana jasad Jenderal Nami disemayamkan. Kegagahan dan kebijaksanaan dari Jenderal ini sangat dikenal oleh masayarakat Korea sehingga diabadikan menjadi nama dari pulau ini. Lokasi ini juga menjadi tempat syuting drama korea Winter Sonata yang terkenal di tahun 90-an. Sebenarnya mengunjungi pulau ini akan sangat bagus di saat musim gugur karena terdapat spot yang sangat instagrammable dimana deretan pohon pinus tumbuh berjajar lurus seperti gambar instagram saya di bawah ini.



4. Seoraksan National Park

Ini adalah taman nasional tempat perlindungan bagi Beruang Korea. Di lokasi ini juga tumbuh subur pohon Pinus Merah yang kabarnya hanya bisa tumbuh di Korea. Bagian dari pohon pinus jenis ini dapat dijadikan suplemen untuk membantu membersihkan kotoran-kotoran dalam sistem peredaran darah yang khasiatnya sudah banyak dikenal di mancanegara. Nama supplemennya Jeoksong dan harganya pun terbilang cukup mahal. Dari taman nasional ini kita juga bisa mencapai puncak Mount Seorak yaitu salah satu gunung yang mengelilingi kota Seoul dengan ketinggian + 700 m dpl. Kita bisa mencapai puncaknya dengan mendaki atau dengan Cable Car.


5. Everland

Tempat wisata keluarga semacam Disneyland atau Dunia Fantasi yang katanya khas Korea Selatan. Infonya tempat wisata ini dibawah kelola Samsung. Yang paling khas dari tempat wisata ini adalah Roller Coaster yang memiliki lintasan sangat panjang dan memiliki 10 gelombang yang mana salah satu gelombangnya sangat tinggi dan curam dengan kemiringan hingga 70 derajat. Pondasi dari lintasan Roller Coaster-nya bukan terbuat dari besi tetapi dari kayu khas korea yang sangat kuat dan tebal. Mencoba permainan ini benar-benar membuat fresh kepala kita seakan beban terlepas. 😊



6. Kimchi School

Di tempat ini kita akan diajarkan cara membuat Kimchi makanan khas Korea dan berfoto menggunakan Hanbok yaitu pakaian khas Korea.



7. Namsan Seoul Tower

Tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama pasangan karena di tempat ini ada tempat untuk menggantungkan gembok cinta sambil menikmati keindahan kota Seoul dari ketinggian. Terkadang di tempat ini juga diselenggarakan festival-festival untuk menarik minat wisatawan.


8. Korea Ginseng Chicken Soup

Di tempat ini kita bisa mencoba kuliner lokal khas Korea Samgyetang yang mungkin bisa dibilang sangat susah untuk didapatkan di negara lain. Karena menu makanan ini adalah sup ayam dengan bumbu kuah yang sangat gurih yang diisi dengan 1 ekor ayam muda dan di dalam perut ayam tersebut diisi dengan nasi putih dan yang paling khas di kuahnya juga dicampur dengan Ginseng Korea berumur 2 tahun yang sangat kaya nutrisi. Ginseng inilah yang membuat saya berani bilang tidak akan dapat ditemukan jenis kuliner ini di negara lain. Dan jika pun ditemukan pasti harganya akan sangat mahal karena harga di Korea saja sudah terbilang cukup mahal menurut ukuran saya.


9. Nanta Show di Myeongdong

Pertunjukan komedi korea non-verbal (tanpa percakapan panjang) yang terbilang unik dan kreatif. Pertunjukan ini sudah banyak ditampilkan di beberapa negara di dunia dan sudah mengantongi banyak penghargaan. Durasi pertunjukannya selama 1.5 jam tetapi sayangnya kami tidak diperbolehkan untuk merekam pertunjukannya saat nonton. Anda bisa mencarinya di YouTube dengan kata kunci Nanta Show.




Nah, sementara sampai disini cerita perjalanan saya di 9 lokasi sekitar Seoul yang wajib dikunjungi. Semoga menginspirasi! Bagaimana perjalanan anda ke Korea? Yuk share di komentar di bawah ini!

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.