Sale

Friday, February 9, 2018

Bertamasya ke Kota Batu Bersama Keluarga di Akhir Pekan

Batu, kota yang terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Wilayah kota ini berada di ketinggian 700-1700 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata mencapai 12-19 derajat Celsius. Kota Batu dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Pada tanggal 17 Oktober 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan alam kota Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa.

Malang, Kota Wisata, Jawa Timur
Tempat Wisata Batu dan Hotel Tempat Saya Menginap

Batu memiliki banyak pilihan tempat wisata yang bisa dinikmati bersama keluarga. Peta diatas dengan tulisan berwarna biru adalah tempat-tempat wisata yang ada di kota Batu sedangkan tulisan yang berwarna merah adalah hotel dimana saya dan keluarga menginap.

Jawa Timur Park 1 (Jatim Park 1) dan Transport Museum (Museum Angkut) menjadi tempat wisata yang kami pilih untuk menikmati tamasya bersama keluarga di kota Batu. Alasannya karena junior yang masih usia balita dan waktu yang singkat hanya memanfaatkan waktu akhir pekan. Pilihan menginap kami adalah Hotel Kartika Wijaya, posisinya sangat dekat dengan kedua tempat wisata ini. Di bawah ini adalah foto-foto kegiatan kami selama di kota Batu yang saya share di instagram @irfaneffendiahmad.


Jawa Timur Park (Jatim Park) 1
Harga Tiket Masuk Februari 2018: Rp 100.000 /orang di Akhir Pekan
Jam buka: 08:00 WIB




Kartika Wijaya Hotel
Hotelnya bergaya classic. Menu sarapannya lumayan dan juga menyediakan penyewaan sepeda untuk Gowes.




Transport Museum (Museum Angkut)
Harga Tiket Masuk Februari 2018: Rp 100.000 /orang di Akhir Pekan
Jam buka: 12.00 WIB



Sekedar info perjalanan saya dari Surabaya menuju kota Batu +3 jam karena seringkali ada kemacetan di beberapa titik di kota Lawang dan di daerah pasar Singosari. Tetapi perjalanan pulang dari kota Batu menuju Surabaya hanya ditempuh sekitar 1.5 sd. 2 jam saja.

Untuk oleh-oleh khas kota Batu yang populer adalah keripik buah. Keripik buah yang paling saya rekomendasikan secara berurutan antara lain keripik buah Mangga, Nangka, Apel dan Rambutan. Keripik buah ini bisa dibeli dari toko oleh-oleh menjelang keluar dari perbatasan kota Batu saat kembali pulang.

Happy trip with fam!


Loading...

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.