Friday, May 8, 2015

Cara membuat akun PayPal dan menghubungkannya dengan Rekening Bank


PayPal Inc. adalah perusahaan yang menyediakan jasa transfer uang melalui media elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

Bagi anda yang mempunyai rencana bisnis secara online atau ingin melakukan pembelian barang secara online, seringkali media pembayaran yang digunakan adalah PayPal. Pada halaman ini saya ingin berbagi informasi cara membuat akun PayPal.

Langkah pertama dalam membuat akun PayPal adalah melakukan registrasi di www.paypal.com dengan klik tombol “Sign Up”.

Akun Paypal

Dalam proses registrasi, anda akan diminta memilih tujuan pembuatan PayPal, jika tujuan anda adalah untuk menerima pembayaran dari bisnis online anda maka yang dipilih adalah “Receive payments with PayPal”. Kemudian ikuti instruksi selanjutnya untuk memasukkan email dan identitas diri anda.

Langkah kedua adalah mengaktifkan akun anda. Setelah menginputkan data diri anda secara lengkap di form registrasi, anda akan menerima email untuk mengaktifkan akun anda. Yang perlu anda catat bahwa yang menjadi akun atau rekening di PayPal adalah alamat email anda yang digunakan untuk registrasi.

Langkah ketiga adalah melakukan verifikasi akun anda. Setelah akun anda aktif, akun ini belum bisa digunakan untuk bertransaksi sebelum anda melakukan verifikasi akun. Dalam proses verifikasi akun, anda akan diminta untuk memasukkan data Credit Card anda. Dalam proses verifikasi ini anda akan dicharge 1.95 USD oleh PayPal. Namun, anda tidak perlu khawatir dikarenakan dana 1.95 USD tersebut akan dikembalikan ke saldo Credit Card anda oleh PayPal. Transaksi tersebut hanya sebagai proses verifikasi data saja. Setelah diverifikasi, akun tersebut sudah bisa digunakan untuk bertransaksi. Bagi anda yang tidak memiliki Credit Card, anda bisa membeli Virtual Credit Card (VCC) melalui jasa online yang bisa anda cari dari mesin pencari Google. Adapun tampilan akun setelah diverifikasi seperti gambar di bawah ini.

Akun Paypal

Sampai disini proses pembuatan akun PayPal sudah selesai. Tetapi saya yakin anda yang berbisnis secara online masih ingin tahu bagaimana cara menghubungkan akun PayPal anda dengan rekening bank anda. Ini sangat bermanfaat saat anda ingin mencairkan dana yang tersimpan di PayPal ke dalam rekening Bank anda. Oleh karena itu ikuti langkah selanjutnya.

Langkah keempat adalah memasukkan rekening bank anda ke PayPal. Pilih “Profile” pada menu PayPal kemudian klik “Add / Edit Bank Account” seperti gambar di bawah ini.

Akun Paypal

Masukkan data rekening dan bank anda secara lengkap dan jika telah selesai maka tampilan profil bank anda menjadi seperti di bawah ini.


Dengan cara ini anda sudah bisa melakukan transaksi penarikan dana (Withdrawal) di PayPal anda dan mentransfernya ke rekening bank anda.

Cukup mudah kan caranya? Semoga artikel ini dapat membantu anda. Selamat berbisnis online!

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.