Friday, October 28, 2016

Museum Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda


Kebangkitan Nasional adalah Masa di mana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Jadi Sumpah Pemuda sebenarnya merupakan salah satu dari wujud kongkrit Kebangkitan Nasional di Indonesia.

Ngomongin soal sejarah, untuk mengembalikan ingatan kita tentang sejarah kebangkitan bangsa ini sesekali diperlukan dengan membaca ulang sejarah bangsa ini atau yang paling mudah dan sekalian fun yaitu berkunjung ke museum sejarah jika kota dimana kita tinggal memiliki museum. Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016 ini, selain daripada upacara yang sudah seringkali dilakukan, kantor tempat saya bekerja mempunyai ide untuk berkunjung ke museum-museum terdekat di Jakarta dan kebetulan bidang kami mendapat bagian berkunjung ke museum Kebangkitan Nasional di daerah Senen, Jakarta Pusat.


Tidak disangka tiket masuknya murah sekali hanya Rp 2000 / orang itu pun kita sudah mendapatkan sebuah buku panduan sejarah museum dan alat tulis untuk menandai bagian-bagian dari sejarah yang ditulis di dalam buku jika ada yang perlu ditanyakan ke pemandu museum. Sangat recommended untuk memperkenalkan anak tentang sejarah bangsa ini.

Buku panduan sejarah museum

Museum ini dulunya adalah STOVIA sebutan untuk sekolah kedokteran di jaman kolonial Belanda tempat para tokoh kebangkitan mengenyam pendidikan modern sehingga selain patung-patung dan papan sejarah masa lalu dari lokasi ini juga ada banyak tersimpan alat-alat kedokteran yang sudah sangat tua yang digunakan pada saat kolonial Belanda.

Kegiatan belajar-mengajar pada masa STOVIA

Foto-foto tokoh organisasi Budi Utomo

Patung tokoh-tokoh Budi Utomo

Alat-alat Kedokteran STOVIA

Asrama Siswa STOVIA

Dan masih banyak lagi alat-alat kedokteran masa lalu yang terbilang cukup lengkap untuk diperkenalkan kepada anak jika kita mengunjungi museum ini bersama keluarga.


Selamat Hari Sumpah Pemuda 2016! 

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.