Cara Membuat Form Survey atau Quiz dengan Google Forms


Mungkin sebagian besar orang sudah familiar dengan salah satu produk dari Google yang dikenal dengan nama Google Forms. Bagi yang mungkin belum kenal dengan produk ini, saya ingin menyampaikan bahwa Google Forms mungkin sangat bermanfaat dalam pekerjaan, pendidikan atau sekedar hiburan. Google Forms merupakan aplikasi berbasis web dari Google yang berfungsi untuk mengumpulkan informasi berbasis survey.

Dalam hal pekerjaan, aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat survey kepuasan pelanggan atau survey kebutuhan layanan/produk. Sedangkan dalam hal pendidikan, aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat survey terkait riset yang sedang kita lakukan atau membuat soal-soal latihan maupun ujian anak sekolah. Dan dalam hiburan, aplikasi ini bisa dikemas dengan bentuk semacam quiz.

Bagi saya pribadi, aplikasi ini sangat membantu dalam hal membuat soal-soal latihan ujian semester bagi anak. Dan saya merasa aplikasi ini sangat efektif dalam menyampaikan materi soal-soal kepada anak saya yang kesukaannya saat ini klik-klik di gadget dan laptop. Mungkin sudah jamannya anak-anak sekarang rata-rata pada males mengerjakan soal-soal di selembar kertas dan menulis menggunakan pensil. Apalagi dengan aplikasi ini bisa dengan segera memunculkan nilai hasil pengerjaan soal dan memberikan jawaban yang benar jika anak menjawab salah.

Cara membuat form survey, quiz dan soal-soal latihan dengan aplikasi Google Forms relatif sama yang membedakan hanyalah konten soalnya saja sesuai kebutuhan. Berikut ini saya share caranya bagi anda yang belum familiar menggunakan aplikasi Google Forms.


1. Memiliki Account Google
Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk memanfaatkan seluruh aplikasi Google adalah membuat akun Google dengan registrasi melalui gmail.com.


2. Masuk ke aplikasi Google Forms
Setelah memiliki akun google, kita bisa langsung mengakses aplikasi Google Forms pilih Go To Google Forms dan kita akan masuk ke halaman aplikasi seperti di bawah ini.



3. Buat blank page form
Klik tanda + dengan tulisan "Blank" dibawahnya kemudian mulailah membuat pertanyaan-pertanyaan. Disarankan mulailah terlebih dulu dengan pertanyaan-pertanyaan identitas orang yang akan disurvey.


Jika anda menggeser tombol "Required" di pojok kanan bawah menjadi kondisi aktif artinya pertanyaan tersebut harus dijawab. Jika tidak dijawab maka orang yang mengisi form tersebut tidak dapat melanjutkan ke pertanyaan berikutnya.



4. Menjadikan Form sebagai Quiz
Jika dibutuhkan pembuatan kunci jawaban dan memberikan porsi nilai pada form yang kita buat, maka kita harus merubah form tersebut menjadi Quiz dengan klik gambar Settings kemudian pilih Quizzes sebagaimana gambar di bawah ini.



5. Membuat Kunci Jawaban dan Memberikan Porsi Nilai
Setelah membuat form menjadi quiz, kita bisa membuat kunci jawaban dan porsi nilai supaya pada saat akhir pengisian form si pengisi form bisa langsung mendapatkan skor dan jawaban yang tepat. Jika nilai maksimal yang diharapkan adalah 100 untuk 25 pertanyaan, maka porsi nilai per pertanyaan adalah 100/25 = 4.




6. Mendesain Tema Page
Setelah pembuatan quiz tentunya kita ingin menjadikan quiz yang kita buat memiliki tampilan yang menarik. Untuk membuat tampilan menarik ini bisa dengan merubah tampilan desain tema sebagaimana gambar di bawah ini.





Dengan 6 tahap tersebut kita sudah bisa membuat form survey atau quiz dengan Google Forms. Sebagai contoh form quiz yang sudah saya buat untuk latihan soal-soal sekolah anak saya bisa diklik beberapa link di bawah ini. Semoga bermanfaat!


Comments