Trip to Holly Land 2023 (Omra)


Alhamdulillah pada Oktober 2023 bertepatan dengan bulan Maulid (Rabiul Awal), saya mendapatkan rejeki untuk kembali beribadah ke tanah suci untuk menunaikan ibadah umrah. Dan ini adalah perjalanan umrah saya yang ke-3. Dan kali ini saya ditemani dengan istri, anak dan ibu dari istri saya. Pada umrah yang ke-3 ini ternyata ada beberapa tata tertib yang berubah di tanah suci baik Medina maupun Makkah.

Adapun tata tertib yang berbeda dari 2 umrah saya sebelumnya adalah harus adanya ijin untuk berdoa atau sholat di Rawdah Masjid Nabawi (Tempat di antara Rumah Nabi Muhammad SAW hingga Mimbarnya yang menurut Nabi adalah salah satu dari Taman yang nantinya akan ada di Surga umat Islam) melalui aplikasi NUSUK yang dapat didownload melalui Playstore maupun Appstore dan adanya kewajiban berpakaian ihram untuk sekedar tawaf di sekeliling kakbah di Masjid Al-Haram. Di bawah ini adalah contoh ijin dari aplikasi NUSUK untuk beribadah di Rawdah dan sertifikat yang saya peroleh setelah beribadah di Rawdah.


Surat Ijin Beribadah di Rawdah

Sertifikat Pasca Beribadah di Rawdah

Dengan adanya peraturan baru ini sebenarnya lebih membuat nyaman orang untuk beribadah di tempat mustajab tersebut tetapi akan menyulitkan bagi orang-orang yang tidak terbiasa menggunakan smartphone untuk menginstal aplikasi NUSUK. Jika anda umroh menggunakan jasa travel insya Allah ustadz atau muthawif yang memandu umroh anda bisa membantu untuk menjelaskan tentang aplikasi ini.

Ibadah Umrah adalah salah satu ibadah dalam agama Islam yang dilakukan oleh umat Muslim. Umrah adalah perjalanan ke kota suci Mekah di Arab Saudi yang dapat dilakukan oleh umat Muslim kapan saja sepanjang tahun, berbeda dengan ibadah Haji yang memiliki waktu tertentu. Berikut beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang ibadah Umrah (Rukun Umrah) : 
  1. Ihram: Ihram adalah seragam yang dikenakan oleh jamaah Umrah, terdiri dari dua lembar kain putih tanpa jahitan untuk pria, dan pakaian syar'i yang sesuai dengan ketentuan agama untuk wanita. Pakaian ihram untuk beribadah umrah harus sudah digunakan dari tempat Miqat sebelum memasuki wilayah haram (kawasan suci).
  2. Niat: Sebelum memulai Umrah, seorang Muslim harus membuat niat dengan tulus dan ikhlas untuk menjalankan ibadah ini. Niat ini harus dibuat sebelum memasuki wilayah haram (kawasan suci) yang diistilahkan dengan sebutan Miqat Makani dan diucapkan di atas kendaraan.
  3. Tawaf: Salah satu aspek penting dari Umrah adalah Tawaf, yaitu mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali dalam arah searah jarum jam. Ini adalah salah satu ritual utama dalam Umrah. 
  4. Sa'i: Setelah Tawaf, jamaah Umrah harus melakukan Sa'i, yaitu berlari-lari kecil tujuh kali antara bukit Shafa dan bukit Marwah. Sa'i mengenang tindakan Hajar, istri Nabi Ibrahim, yang mencari air untuk putranya, Isma'il, di padang pasir. 
  5. Tahallul: Setelah menyelesaikan Tawaf dan Sa'i, jamaah Umrah biasanya mencukur atau memotong rambut mereka sebagai tanda pembebasan dari keadaan Ihram. Tahallul ini adalah salah satu tahap akhir dari ibadah Umrah. 
  6. Doa dan ibadah lain: Selama kunjungan ke Mekah, jamaah Umrah dianjurkan untuk banyak berdoa, berzikir, dan melakukan ibadah lainnya. Mekah adalah tempat suci yang memiliki makna mendalam dalam Islam, dan moment ini dimanfaatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah. 

Ibadah Umrah tidak menggantikan ibadah Haji, yang memiliki persyaratan dan ritus yang lebih lengkap dan harus dilakukan pada waktu tertentu dalam tahun Islam. Umrah adalah ibadah yang dianjurkan, tetapi tidak wajib, dan dapat dilakukan oleh umat Islam kapan saja selama tahun. Jadi, bagi yang mampu dan memiliki kesempatan, melaksanakan Umrah adalah salah satu kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan pahala yang besar.

Selain umrah, perjalanan saya dan keluarga ke Arab Saudi juga berwisata rohani ke tempat-tempat mustajab lainnya seperti Masjid Quba, Jabal Uhud, Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Arafah dll yang intinya adalah napak tilas ke tempat-tempat perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam menyebarkan Islam pertama kali. Adapun video perjalanan umroh saya dapat ditonton di channel Youtube saya di bawah ini.

Area Masjid Nabawi

Tour Medina

Umroh dan Tour Makkah

Semoga menginspirasi rekan-rekan untuk beribadah umrah ke tanah suci. Aamiin Allahumma Aamin.

Comments