Tuesday, July 26, 2016

Search Engine Marketing (SEM) Strategy dalam Memasarkan Sebuah Produk


Setiap hari kita menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi. Google, mesin pencari paling populer, menerima lebih dari 40,000 pencarian per detik (source: www.internetlivestats.com/google-search-statistics). Peluang ini jangan sampai disia-siakan seluruh pengelola bisnis di era digital saat ini untuk memasarkan produknya secara viral melalui mesin pencari yang dikenal dengan istilah Search Engine Marketing (SEM).


Metode Search Engine Marketing (SEM)

Dalam memasarkan produk dengan memanfaatkan mesin pencari terdapat 2 metode yang umum digunakan antara lain Search Engine Optimization (SEO) dan Pay Per Click (PPC) Advertising sesuai skema di bawah ini.


SEM menjadi sangat populer dalam digital marketing (source: mybusiness-mms.s3.amazonaws.com) dengan beberapa alasan sbb:

  1. 92% Orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi ketika mereka sedang online.
  2. 91% Menemukan apa yang mereka cari.
  3. Konsumen lebih cenderung "Percaya" bisnis Anda, jika muncul mencolok di halaman pertama hasil pencarian.
  4. 73% Informasi diyakini akurat dan dapat dipercaya.
  5. 66% Mengatakan mesin pencari adil dan transparan.



Teknik Search Engine Optimization (SEO)

Tujuan utama teknik SEO adalah bagaimana supaya artikel tentang produk yang kita deskripsikan dapat terindeks di mesin pencari seperti Google, Yandex, Bing dsb. Dan cita-cita yang diharapkan adalah bagaimana artikel tersebut bisa terindeks di halaman pertama mesin pencari. Teknik ini dikenal dengan teknik alami yang digunakan dengan memanfaatkan penggunaan “Kata Kunci” yang umum digunakan setiap orang ketikan menuliskan apa yang ingin dicari di mesin pencari. Adapun beberapa tahapan dalam penerapan teknik ini sbb:
  1. Merumuskan kata kunci yang populer digunakan orang dalam mencari di mesin pencari. Untuk mendapatkan library dari kata-kata populer bisa menggunakan Google Adwords atau Trending Topic Twitter dsb.
  2. Menulis konten artikel yang berkualitas.
  3. Gunakan kata kunci tersebut dalam judul dan konten artikel termasuk dalam penamaan gambar dalam artikel.
  4. Bagikan link artikel yang dibuat melalui social media (Facebook, Twitter, Linkedin, Youtube dll) atau direct email ke calon customer jika kita memiliki daftar calon customer.
  5. Membuat backlink ke artikel yang kita buat dengan cara bekerja sama dengan website-website yang memiliki peringkat tinggi dalam pencarian Google atau memberikan komentar sebagai pengunjung dari sebuah website.
  6. Memperbaiki desain website baik tampilan maupun navigasi menu.


Teknik Pay Per Click (PPC) Advertising

Teknik PPC cara termudah dalam memasarkan produk melalui mesin pencari. Teknik ini biasanya memanfaatkan layanan Google Adwords (www.google.co.id/adwords) sebagai media iklan dengan kita mengalokasikan biaya sebanyak estimasi klik yang akan dilakukan oleh pengunjung setiap kali menemukan artikel kita dalam mesin pencari maupun dalam setiap tayangan Google Adsense (www.google.co.id/adsense) pada website-website penayang iklan Google Adsense. Cara ini adalah cara tercepat agar artikel yang kita buat terindeks di halaman mesin pencari namun tentunya ada biaya yang perlu dikeluarkan.


Teknik yang Tepat dalam Penerapan SEM

Dalam memanfaatkan SEM sebagai sarana marketing perlu dipertimbangkan teknik yang tepat untuk digunakan dalam memasarkan produk dari bisnis yang kita lakukan demi mendapatkan keuntungan yang lebih baik dan efisiensi biaya yang dikeluarkan. Adapun pertimbangan-pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam penggunaan 2 teknik dalam SEM di atas antara lain:

1. Jenis Produk
Produk yang akan kita deskripsikan perlu diidentifikasi apakah produk ini adalah produk yang umum dibutuhkan oleh setiap orang atau benar-benar merupakan sebuah produk baru. Jika produk yang akan kita deskripsikan adalah produk yang umum dibutuhkan setiap orang sebaiknya digunakan teknik SEO saja. Tetapi jika kita benar-benar ingin memperkenalkan sebuah produk baru sebaiknya digunakan 2 teknik sekaligus baik SEO maupun PPC Advertising.

2. Lama periode pemasaran produk
Jika produk yang kita deskripsikan adalah produk yang direncanakan memiliki periode yang lama berdasarkan analisis kebutuhan pasar (long life product) sebaiknya digunakan teknik SEO dengan konsistensi dalam memonitor impression dari artikel deskripsi produk yang kita buat. Dan sebaliknya jika periode pemasaran produk dalam waktu singkat (misal: ijin tayangan penyiaran World Cup), teknik PPC adalah teknik yang paling efektif.


Dalam era digital, SEM merupakan teknik marketing yang paling efektif dalam memasarkan produk dari bisnis yang kita kelola. Dengan SEM, idealnya membuat hemat dalam pengeluaran biaya untuk marketing dan lebih efektif dalam mempengaruhi pasar. Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.