Thursday, May 11, 2017

Punya Waktu Lebih Menikmati Jogja? 3 Spot Wisata Sekitar Jogja Ini Pantas untuk Dikunjungi

Tour Route Map

Kunjungan saya dan teman-teman ke Jogja kali ini sudah direncanakan untuk mengunjungi 3 spot wisata di luar kota Jogja yang katanya sangat menarik. Tiga spot wisata yang dimaksud yaitu objek wisata alam Kalibiru di Kulon Progo, Borobudur dan Lava Tour Merapi. Jika digambarkan dalam sebuah peta, ketiga lokasi ini dapat dilihat pada gambar peta di atas. Kami menjalani tour ini tidak langsung 1 hari sekaligus tetapi kami menjalaninya selama 3 hari 2 malam dengan sambil menikmati juga beberapa spot menarik di sekitar lokasi wisata tersebut seperti sunrise di sekitar plataran Borobudur, rumah makan Timbul Roso di sekitar Merapi dsb.

1. Kalibiru, Kulon Progo


Kalibiru adalah objek wisata alam yang berada di daerah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini memiliki tanah bergelombang dan dominan oleh perbukitan dalam area hutan lindung. Wisata Alam yang bertemakan Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulon Progo Yogyakarta, Pada ketinggian 450 mdpl. Hutan tersebut dikelola masyarakat yang berada di darah itu agar tetap terjaga kelestariannya, sehingga hutan ini dapat dijadikan obyek wisata alam.


2. Borobudur


Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah.


3. Lava Tour Merapi


Lava Tour Merapi mengajak wisatawan naik mobil Jeep menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan diajak mampir ke beberapa destinasi pasca letusan seperti Museum Sisa Hartaku dan Bunker Kaliadem. Lava Tour Merapi terbagi dalam tiga rute yaitu short route (1.5 jam), medium route (2.5 jam), dan long route (4-5 jam). Short route tour dengan Jeep berisi maksimal 4 orang dewasa harganya Rp 350 ribu, sementara untuk medium Rp 450 ribu dan untuk long Rp 600 ribu.

Baca juga:
Plataran Borobudur Resort & Spa vs Hotel Tentrem Yogyakarta
6 Hal yang Seharusnya Dilakukan Ketika Traveling ke Jogja

Spotnya keren kan? 😊

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah semangat saya untuk terus menulis.