Yong Kee, Kuliner Sea Food Khas Batam


Kuliner seafood yang harus dicoba ketika di Batam adalah Sop Ikan. Karena sop ikan Batam ini sangat khas sekali dengan segarnya seafood yang dimasak, berbeda dengan sop ikan yang mungkin pernah ditemui di daerah lain di Indonesia. Salah satu rumah makan favorit yang menyediakan sop ikan ini adalah Yong Kee yang sudah turun-temurun menjual sop ikan dan beberapa olahan seafood di kota ini. Bumbunya sangat meresap ke daging seafoodnya sehingga membuat rumah makan ini menjadi terkenal di kota Batam.

Batam, Riau Islands
Founder Rumah Makan Yong Kee di Batam

Batam, Riau Islands
Menu Olahan Seafood di Rumah Makan Yong Kee

Khusus untuk menu sop ikan yang paling saya sukai adalah Sop Ikan Campur yang didalamnya berisi daging ikan, udang dan cumi kira-kira penampakannya seperti gambar di bawah ini. Terlihat segar sop ikannya. Saya memilih menu sop ikan campur karena taste seafoodnya lebih beragam dan lebih pas dengan selera saya yang menyukai olahan masakan seafood. Kuah beningnya sangat menyegarkan dan pas sekali disantap saat makan siang bersama Es Teh Susu (Es Teh Tarik).

Batam, Riau Islands
Es Teh Tarik, Nasi Putih & Telur Dadar, Sop Ikan Campur


Batam, Riau Islands
Tim Kuliner

Lokasi rumah makan ini dekat dengan pusat perbelanjaan Nagoya Hill di Kota Batam. Pastikan untuk mampir mencoba sop ikan di tempat ini ketika mengadakan trip ke Batam.

Comments