Bermain Mobile Legends bersama Anak

Game Online, eSports, Mobile Legends, irfan-room.com

Bagi beberapa orang tua mungkin cemas jika mendapatkan anaknya suka bermain game online. Mari kita kembalikan fungsi game online ini sesuai tempat yang semestinya, game online sebenarnya sangat bermanfaat untuk mengurangi kejenuhan beraktifitas, melatih berpikir kreatif, pendidikan karakter dan bahkan di beberapa negara game online dijadikan sebagai olahraga digital atau dikenal dengan eSports. Sebenarnya bukan game online-nya yang perlu dicemaskan tetapi frekuensi dan durasi anak bermain game tersebut.

Mobile Legends adalah salah satu game online yang saat ini lagi populer dimainkan oleh anak saya. Untuk memahami pola dari permainan game online ini saya terpaksa menginstal aplikasi game tersebut di smartphone saya. Dari hasil coba-coba saya bermain game ini ternyata sebenarnya game ini bisa menjadi sebuah pendidikan karakter bagi anak. Tentunya dengan pendampingan secara tidak langsung melalui ikut bergabung dalam permainan ini dan menjadi 1 grup di dalam permainannya.

Saya seringkali meluangkan waktu untuk bermain game ini bersama anak dimana saya dari kantor pada saat jam istirahat dan anak berada di rumah. Dengan bermain game ini saya bisa memahami karakter anak dan mengarahkannya melalui permainan di dalam game ini, disini kami memiliki 1 visi yaitu menghancurkan markas lawan dengan misi yang harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan strategi yang baik. Lebih jelasnya mungkin bisa ditonton video permainan game saya di bawah ini.


Tips untuk membatasi frekuensi dan durasi permainan game ini oleh anak, kita bisa memberikannya persyaratan maupun komitmen kepada anak seperti contohnya boleh bermain jika sudah belajar atau cukup bermainnya jika sudah mendekati waktu tidur malam.

"Tidaklah bijak melihat sesuatu hanya dari negatifnya saja. Semua permainan sebenarnya kitalah yang bisa mengontrolnya." (Ahmad Irfan Effendi)

Semoga bermanfaat!


Comments