Tiga Sentimen Positif bagi Dunia Investasi di Indonesia pada Masa Pandemi di Akhir 2020


Bisa dibilang sudah cukup lama dunia investasi di Indonesia cukup terpuruk dikarenakan adanya sentimen negatif seperti adanya perang dagang USA dan China, pandemi Covid-19 dan Kebijakan yg katanya tumpang tindih dalam perijinan usaha di Indonesia. Dan pada bulan Oktober hingga November tahun ini Alhamdulillah sepertinya sentimen negatif ini mendapatkan jalan terang yang dapat mensolusikan.

Beberapa sentimen positif yang menjadi solusi dunia investasi di Indonesia antara lain sbb:

1. Kemenangan Joe Biden pada Pemilihan Presiden USA

Joe Biden defeat Donald Trump in US Presidential Election 2020

Biden sangat mengecam terjadinya perang dagang antara USA dan China sehingga muncul stigma kebijakan-kebijakannya akan menurunkan tensi perang dagang ini meskipun tidak bisa secara instan sebagaimana dikutip dalam artikel CNN dan CNBC di bawah ini.

Biden defeats Trump in an election he made about character of the nation and the President

A Biden win could be bullish for the Chinese yuan, analysts say

Key Points:
  • "We assume a Biden win that reduces some trading uncertainty," analysts at Swiss bank Lombard Odier wrote in a report on Tuesday.
  • Under President Donald Trump's administration, the U.S. and China have levied billions of dollars worth of tariffs on each other's goods in a protracted trade dispute.
  • Biden has slammed the trade war with China — saying that tariffs have hurt American businesses and consumers.

Dampak bagi global, industri akan mengalami peningkatan dan kebutuhan akan bahan baku industri pun juga akan meningkat. Tentunya ini akan sangat memberikan efek positif bagi emiten-emiten di Indonesia yang menjadi supplier kebutuhan bahan baku industri China.


2. Penurunan Jumlah Kasus Baru Positif Covid-19 dan Ditemukannya Vaksin Covid-19


Selama bulan November ini jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia sudah mengalami penurunan cukup signifikan dimana sebelumnya sempat menyentuh 4000 kasus baru per hari dan saat ini sudah turun menjadi sekitar 2000 hingga 3000 kasus baru. Statistik ini bisa kita lihat dari grafik perkembangan Coronavirus di website Worldometer.

Worldometers Coronavirus Indonesia

Tiba November 2020, Ini Beda 3 Vaksin COVID-19 di Indonesia Termasuk Harganya


3. Disahkannya Omnibus Law - Cipta Kerja


Pendapat dari Bank Dunia yang menyatakan dengan adanya Omnibus Law - Cipta Kerja ini akan menarik investor untuk berinvestasi dan membuka usaha di Indonesia yang tentunya akan meningkatkan jumlah lapangan kerja dan membantu Indonesia terlepas dari kemiskinan.

World Bank Statement on Omnibus Law - Job Creation


IHSG Minggu ke-1 November 2020

Dari beberapa sentimen positif yang bisa memberikan dampak sangat signifikan di atas idealnya iklim investasi di indonesia akan menjadi lebih kondusif. Selama tanggal 5 - 6 November 2020 IHSG sudah menunjukkan kondisi bullish yang cukup signifikan dengan banyaknya masuk dana asing ke pasar modal Indonesia. Semoga kedepan dapat memberikan cuan bagi investor retail di Indonesia.

*Artikel ini saya tulis sebagai opini pribadi.

Comments

ANM said…
Semoga ini pertanda bahwa setelah ini, perekonomian indonesia bisa meningkat positif.