Indahnya Pesona Desa Jampit Bondowoso


Indonesia adalah negara dengan wilayah yang sangat luas dan memiliki banyak keindahan alam yang masih asli. Namun sayangnya akses menuju lokasi-lokasi tersebut masih tidak semuanya dapat dijangkau dengan mudah. Hanya destinasi-destinasi prioritas saja seperti Bali yang mudah dijangkau karena infrastruktur seperti jalan raya di Bali sudah sangat memadai. Perlu kerjasama, semangat dan visi yang sama antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan sektor wisata di Indonesia. Karena ini adalah salah satu cara terbaik dalam meningkatkan perekonomian warganya.

Pada libur Natal 2020, saya dan keluarga mencoba mengunjungi Desa Jampit di Kabupaten Bondowoso yang mulai cukup familiar keindahan alamnya di sekitar masyarakat tapal kuda. Desa ini juga sudah pernah diberitakan di media "Good News From Indonesia" yang akhirnya membuat saya penasaran untuk segera mengunjunginya. Saya berangkat dari Situbondo dengan lama perjalanan 1.5 sd 2 jam untuk bisa sampai di Desa Jampit. Sampai dengan saya menulis artikel ini, peta jalur menuju Desa Jampit belum terdata di Google Maps


Adapun cara pergi ke Desa tersebut sbb:
  1. Berangkat dari Situbondo menuju arah Bondowoso.
  2. Di tengah jalur Situbondo - Bondowoso terdapat rambu-rambu lalu lintas menunjuk arah Kawah Ijen / Kawah Wurung maka pilih jalur ke Kawah Ijen / Kawah Wurung tersebut.
  3. Ikuti jalur menuju Kawah Ijen / Kawah Wurung tersebut sampai bertemu dengan Pos Pemeriksaan PTPN.
  4. Sampai di Pos Pemeriksaan PTPN sudah tidak begitu jauh dari Desa Jampit dan bisa bertanya ke petugas yang berjaga di Pos tersebut.
Di bawah ini adalah video perjalanan saya dari Situbondo menuju Desa Jampit, Kabupaten Bondowoso.


Jika ingin melakukan perjalanan ke Desa Jampit pastikan kondisi kampas mobil dalam kondisi fit dan sebaiknya menggunakan mobil dengan shockbreaker tinggi karena di Desa Jampit banyak jalan rusak berupa tanah berbatu dan berlubang.

Keindahan alam Desa Jampit sangat bagus dan layak untuk menjadi destinasi wisata. Semoga pemerintah setempat bisa lebih memperhatikan jalan akses ke Desa tersebut, penataan rambu-rambu dan pintu masuk lokasi Desa, kebersihan Desa dan keterampilan warga Desa tersebut.

Comments