Mengenal IPO dan Cara Membeli Saham IPO


Akhir-akhir ini pasar modal semakin ramai dengan banyaknya perusahaan yang melakukan IPO, sebenarnya apa sih IPO itu? Bagaimanakah mekanismenya?

Initial Public Offering (IPO) adalah proses perubahan suatu perusahaan menjadi perusahaan publik (Tbk) dengan menjual sebagian dan/atau seluruh saham di penawaran pasar perdana (primary market), dan kemudian dapat diperjualbelikan melalui pasar sekunder (secondary market).

Dalam proses IPO ini semua investor dapat melakukan pemesanan untuk mendapatkan saham perdana suatu perusahaan. Proses pemesanan saham IPO sangat mudah karena dapat dilakukan secara online melalui website e-IPO.


Mengenal e-IPO

e-IPO (Electronic Initial Public Offering) adalah sistem elektronik berbasis web yang disediakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk memberikan informasi terkait Penawaran Umum Perdana Saham (IPO). Melalui sistem e-IPO ini Investor dapat membeli saham IPO tanpa perlu mengirim dokumen fisik.

Bagaimana cara membeli saham IPO? Sebelum mengetahui cara membelinya, investor harus mengetahui terlebih dahulu tentang tahapan IPO. Ada beberapa fase yang dilakukan, yaitu:
  1. Informasi awal, investor bisa mendapatkan informasi terkait calon Perusahaan yang melakukan Penawaran Umum yaitu prospektus, range harga Penawaran Awal (Book Building), serta timeline masa penawaran.
  2. Penawaran awal (Book Building), pada fase ini perusahaan mencari minat investor dengan memberikan kisaran harga yang dapat diterima oleh investor. Hasil ini menjadi pertimbangan untuk menentukan jumlah saham dan harga final saat fase Penawaran Umum (Offering).
  3. Penawaran Umum (Offering), pada fase ini harga yang ditawarkan sudah menjadi final, bukannya kisaran seperti saat Book Building. Investor sudah dapat memesan saham pada fase ini secara online melalui sistem e-IPO sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing-masing.
  4. Penjatahan (Allocation), fase dimana semua pesanan akan diberikan penjatahan secara proporsional sesuai dengan peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (POJK).


Bagaimana cara membeli saham melalui e-IPO?

A. Registrasi melalui website e-ipo.co.id
  1. Klik menu daftar 
  2. Masukkan e-mail dan lengkapi data diri ikuti proses dengan benar 
  3. Klik link autentikasi yang dikirimkan melalui e-mail 
  4. Masukkan kode OTP, lalu buat Password 
  5. Kemudian klik +Broker, lalu pilih “I have an SID (Single Investor Identification), dan Send. Pada kolom participant silahkan ketik “PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia”, isi SID anda, dan klik Send. Verifikasi akan dilakukan di hari kerja setiap pukul 15:00 WIB. Jika kamu mendaftar lebih dari pukul 15.00 WIB, verifikasi akan kami lakukan pada hari kerja berikutnya. 
  6. Silahkan login kembali setelah melewati waktu verifikasi di hari kamu mendaftar.

B. Beli Saham melalui website e-ipo.co.id
  1. Login akun e-IPO 
  2. Pilih saham yang tertera pada halaman beranda, lalu klik info lebih lanjut 
  3. Klik "Place Order" 
  4. Isi form pemesanan & masukkan kode OTP.



Sangat mudah membeli saham IPO saat ini, dengan memanfaatkan sistem e-IPO akan membuat investor dapat memesan tanpa perlu mengirimkan dokumen fisik.

Sumber artikel: CGS-CIMB Sekuritas

Comments