Singapore Trip 4D3N Pasca Pandemi Covid (2022)


Adanya wabah Covid yang melanda hampir seluruh negara di dunia telah membatasi ruang gerak masyarakat baik untuk berinteraksi di dalam negeri maupun ke luar negeri. Dan kini (akhir 2022) wabah Covid di sebagian besar negara-negara di dunia sudah dinyatakan berakhir sehingga mulai banyak wisatawan mengunjungi negara-negara lain baik untuk bekerja, belajar maupun berwisata. Tak terkecuali saya dan keluarga juga memanfaatkan momen ini untuk berlibur ke Singapura sebagai negara tetangga Indonesia yang sudah terbuka untuk kedatangan turis asing ke negaranya.

Meskipun banyak negara sudah membuka diri dengan kedatangan turis asing tetapi mereka tetap memberlakukan syarat wajib kedatangan turis asing selain paspor dan visa yang masih berlaku tentunya yaitu wajib memiliki Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Internasional dengan dosis vaksinasi yang lengkap dengan vaksin booster atau tes PCR jika vaksinasi belum lengkap hingga vaksin booster. Sertifikat ini bisa kita dapatkan dengan mengkonversi sertifikat vaksinasi lokal melalui aplikasi PeduliLindungi. Khusus untuk kunjungan ke Singapura dari Indonesia persyaratan yang diperlukan antara lain sbb:
  • Paspor yang masih berlaku (>6 bulan masa expired)
  • Memiliki Return Ticket Indonesia - Singapura
  • Memiliki bukti pemesanan akomodasi selama di Singapura
  • Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Internasional
  • Mengisi form kedatangan melalui aplikasi MyICA (pengganti Arrival Card)
Aplikasi MyICA dapat didownload dari PlayStore atau AppStore yang mana fungsi aplikasi ini sama seperti aplikasi e-HAC untuk turis asing yang akan datang ke Indonesia sekaligus menjadi pengganti dari Arrival Card yang biasanya kita isi dengan tulisan manual di imigrasi Singapura ketika tiba disana. Form di aplikasi MyICA bisa kita isi 1 hari sebelum tiba di Singapura.

Dan sebagai saran saja sebelum bepergian ke luar negeri, sebaiknya kita juga mendaftar asuransi jiwa dan kesehatan sebagai antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika kita dan keluarga ada di luar negeri. Kini sudah banyak penyedia asuransi dengan premi yang terbilang cukup murah mulai dari 50 ribu rupiah untuk perlindungan diri kita selama di luar negeri. Lebih jelasnya untuk referensi asuransi perjalanan bisa dibaca artikel 8 Asuransi Perjalanan Murah Terbaik 2020.

Jika kita menggunakan maskapai Batik Air dari Indonesia maka di bandara Changi Singapura kita akan mendarat di Terminal 3. Untuk menuju ke hotel dari Terminal 3 bisa menggunakan transportasi umum seperti MRT, Bus atau Taxi. Yang termurah dari tiga jenis transportasi umum ini adalah MRT dan stasiun MRT Changi sangat dekat lokasinya dengan Terminal 3. Untuk menggunakan MRT, kita dapat menggunakan kartu prabayar EZ Link Card (sejenis emoney/tapcash) yang bisa dibeli di loket stasiun seharga SGD 10 dengan rincian SGD 5 untuk biaya kartu dan SGD 5 untuk saldonya yang bisa kita minta refund jika saldonya berlebih ketika kita akan pulang ke Indonesia. Sekedar saran untuk pemilihan hotel sebaiknya yang dekat dengan stasiun MRT. Pemesanan hotel secara online di luar negeri yang terbaik adalah menggunakan aplikasi Agoda. Dan untuk peta jalur MRT bisa didownload disini.


Rekomendasi Tempat Wisata di Singapura untuk 4D3N Trip

1. Merlion Park
Merlion Park adalah landmark Singapura yang terkenal dan objek wisata utama, terletak di One Fullerton, Singapura, dekat Central Business District. Merlion adalah makhluk mitos berkepala singa dan berbadan ikan yang banyak digunakan sebagai maskot dan personifikasi negara Singapura. Untuk menuju lokasi ini dengan menggunakan MRT bisa berhenti di Stasiun MRT Raffles Place kemudian berjalan kaki menuju Merlion Park. Sebagai penunjuk arah bisa menggunakan aplikasi Google Maps.



2. Singapore Zoo
Singapore Zoo adalah kebun binatang di Singapura tetapi kelas dari lokasinya setara dengan Taman Safari di Indonesia. Untuk menuju ke Singapore Zoo dengan menggunakan MRT bisa berhenti di Stasiun MRT Khatib kemudian dilanjutkan dengan naik Bus khusus (bergambar hewan) menuju Mandai. Pembayaran tiket Bus bisa menggunakan EZ Link card. Informasi tiket masuk Singapore Zoo bisa dibaca disini.



3. Universal Studios Singapore
Universal Studios Singapore (USS) adalah sebuah taman hiburan yang terletak di dalam Resorts World Sentosa di pulau Sentosa, Singapura. Ini menampilkan 28 wahana, pertunjukan, dan atraksi di tujuh zona bertema. Ini adalah salah satu dari enam taman hiburan Universal Studios di seluruh dunia. Untuk menuju lokasi ini dengan menggunakan MRT bisa berhenti di Stasiun Harbour Front kemudian dilanjutkan dengan Sentosa Express Monorail menuju USS. Tiket monorailnya FREE. Lokasi stasiun monorail di daerah Harbour Front ada di lantai teratas dari mall Harbour Front.

Jika mau yang berbayar dan agak unik bisa menggunakan Cable Car untuk menuju pulau Sentosa dari Harbour Front. Dan untuk informasi lengkap terkait Universal Studios bisa dibaca disini.



Sebagai rekomendasi untuk komunikasi di Singapura sebaiknya menggunakan paket roaming dari Telkomsel. Paket ini bisa dibeli dari aplikasi MyTelkomsel dan tersedia paket voice, sms dan internet 100 Gb selama 3 sd. 7 hari. Dan dijamin harganya jauh lebih murah dibandingkan anda harus membeli simcard baru di Singapura. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan pengaturan roaming Internasional di Smartphone kita.

Dan untuk transaksi di Singapura disarankan menggunakan Credit Card / Debit Card karena hampir semua outlet hingga 7 eleven di Singapura sudah menerima pembayaran non tunai. Pembayaran non tunai memiliki currency rate yang lebih baik daripada kita menukar uang tunai rupiah dengan dollar Singapura di outlet Money Changer. Hanya saja kita tetap perlu menyediakan uang tunai dollar Singapura secukupnya terutama untuk pembelian EZ Link card yang belum menggunakan sistem pembayaran non tunai. Jika menggunakan Debit Card, untuk beberapa bank seperti BNI memerlukan aktivasi terlebih dahulu untuk dapat digunakan di luar negeri.

Demikian sekilas ulasan saya selama liburan bersama keluarga ke Singapura pasca pandemi. Semoga bermanfaat!



Comments