Beberapa istilah bulan investasi dalam Siklus Tahunan yang perlu diketahui oleh Investor Pemula



Ini adalah postingan pertama saya di Tahun Baru 2023. Sebelumnya saya ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru! Semoga resolusi yang kita rencanakan di tahun ini bisa tercapai. Tentunya meraih cuan menjadi salah satu bucket list resolusi investor seperti saya. Dalam investasi saham terdapat bulan-bulan yang perlu diketahui investor pemula sebagai pertimbangan dalam meraih cuan maksimal. Sebenarnya apa yang terjadi di bulan-bulan ini tidak pasti terjadi namun karena membentuk sebuah siklus yang sering terjadi selama periode tertentu sehingga para investor memberikan istilah yang memudahkan untuk mengingat pergerakan saham di bulan-bulan tersebut. Apa saja istilah-istilah itu?

1. January Effect
January Effect adalah kenaikan harga saham musiman yang dirasakan selama bulan Januari. Analis umumnya mengaitkan reli ini dengan peningkatan pembelian, yang mengikuti penurunan harga yang biasanya terjadi pada bulan Desember.

2. Sell in May and Go Away
Salah satu strategi menjual saham di bulan Mei dan akan kembali membeli saham pada November. Tujuannya, untuk menghindari periode Mei - Oktober yang biasanya memiliki tingkat kenaikan harga lebih rendah dari bulan lainnya.

3. Window Dressing
Fenomena ini secara tidak langsung menaikkan harga saham unggulan, karena fund manager akan berusaha meningkatkan nilai saham yang dimilikinya sehingga penutupan tahun kinerja yang dikelola terlihat baik. Aksi ini akan membuat indeks bergerak naik. Umumnya terjadi di bulan November - Desember.

4. Santa Claus Rally
Fenomena yang terjadi saat kenaikan pembelian saham dalam dua minggu terakhir di akhir tahun. Biasanya, sebagian investor memborong saham untuk mengantisipasi Januari Effect.


Demikian sedikit penjelasan tentang beberapa istilah bulan investasi dalam Siklus Tahunan yang perlu diketahui oleh Investor Pemula. Semoga bermanfaat dalam mengatur strategi meraih cuan di tahun ini.

Comments