Analisa Singkat tentang Aksi Korporasi Fixed-Mobile Convergence


Tulisan ini sekedar hasil summary dari saya pribadi mengenai Fixed-Mobile Convergence (FMC) yang akan dilakukan oleh Telkom Indonesia per 1 Juli 2023.

Adopsi Fixed-Mobile Convergence (FMC), penggabungan layanan telekomunikasi tetap dan seluler untuk memberikan pengalaman konektivitas tanpa batas bagi konsumen, merupakan konsep yang telah ada selama lebih dari satu dekade. Secara historis, langkah ini telah didorong terutama di Eropa dan Amerika Utara. Ada pertumbuhan yang signifikan dalam penerapan layanan FMC dalam beberapa tahun terakhir karena para operator telekomunikasi mencari cara untuk mengamankan dan meningkatkan arus pendapatan mereka.

Sejauh ini, konvergensi telah membantu operator telekomunikasi mengembangkan portofolio mereka menjadi layanan yang memberikan berbagai penawaran kepada konsumen untuk mendorong peningkatan pendapatan, efisiensi dan mengurangi churn.


Operator akan mempromosikan berbagai insentif untuk mendorong penerapan FMC dan penggunaan berbagai layanan. Berdasarkan STL Partners, ada empat kategori layanan umumnya akan digunakan operator telekomunikasi sebagai insentif untuk mempromosikan paket terkonvergensi mereka:

  • Discounts 
  • Additional mobile data 
  • Value Added Services (OTT apps, priority service, security, insurance, additional SIMs, family packages)
  • In home connectivity (BB speed boost, mobile back-up, Wi-Fi boosters)

Adapun dengan implementasi FMC ini, keuntungan yang mungkin didapatkan baik pelanggan maupun perusahaan jika penggabungan berlangsung dengan smooth antara lain sbb:

  1. Kenyamanan dan fleksibilitas
    Dengan FMC, kita hanya memiliki satu nomor telepon yang mengikuti kita ke mana pun kita pergi. Kita selalu dapat dihubungi karena kita dapat bekerja dari mana saja melalui jaringan GSM atau Data. Nomor telepon kantor kita menjadi nomor yang terhubung ke Internet, berkolaborasi dengan rekan satu tim, dan berkomunikasi dengan pelanggan.
  2. Peningkatan produktivitas
    FMC memungkinkan perusahaan meningkatkan produktivitas timnya. Ini memungkinkan kita untuk memulai panggilan telepon dari meja kita dan melanjutkannya bahkan jika kita harus meninggalkan kantor dan menyelesaikan percakapan dari rumah. Semua ini tanpa harus berpindah telepon atau nomor atau meminta pelanggan untuk menunggu panggilan balik. Komunikasi bersifat langsung, reaktif, dan produktif.
  3. Peningkatan layanan pelanggan
    Dukungan pelanggan yang lebih baik adalah salah satu manfaat utama FMC. Teknologi VoIP dan FMC adalah perpaduan sempurna yang memungkinkan perusahaan menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik. Agen layanan pelangga dapat bekerja dari mana saja, memberikan layanan yang berkualitas. Selama mereka memiliki jangkauan GSM atau Wi-Fi, mereka dapat terhubung dengan mudah dengan perangkat seluler dan tidak khawatir akan gangguan selama panggilan berlangsung.
  4. Mengurangi biaya
    Solusi fixed-mobile yang terkonvergensi mendorong perusahaan untuk memanfaatkan infrastruktur komunikasi yang ada. Integrasi ponsel dengan fungsionalitas sistem telepon bisnis saat ini membantu menghemat investasi pada perangkat baru. Menggabungkan telepon tetap dan seluler memungkinkan perusahaan menghilangkan perbedaan antara ekstensi telepon kantor dan nomor ponsel Anda. Keduanya dialihkan melalui sistem telepon cloud PBX korporat, yang dapat bersifat virtual.
Untuk para investor di operator telekomunikasi, sebagai contoh Vodafone yang sudah bergerak 1 dekade dalam aksi korporasi FMC baru mengalami kenaikan pendapatan di beberapa tahun terakhir sementara untuk harga sahamnya cenderung bergerak sideways.

Pendapatan Vodafone

Harga Saham Vodafone (VOD)

Demikian sedikit ulasan singkat untuk aksi korporasi Fixed-Mobile Convergence. Semoga dapat memberikan sedikit referensi.

Comments